File athwbx.sys ini merupakan file driver dari Qualcomm Atheros yang jika mengalami kerusakan atau hilang, maka bisa menyebab blue screen pada komputer Anda. Penyebab dari kerusakan atau hilangnya file ini adalah bisa karena bad sector pada hardisk atau RAM yang rusak.

Error pada file athwbx.sys pun disertai dengan beberapa pesan berikut:

  • SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED (athwbx.sys)
  • STOP 0x0000000A: IRQL_NOT_LESS_EQUAL (athwbx.sys)
  • STOP 0x0000001E: KMODE_EXCEPTION_NOT_HANDLED (athwbx.sys)
  • STOP 0×00000050: PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA (athwbx.sys)
  • Your PC ran into a problem and needs to restart. You can search online later for this error: athwbx.sys.

Cara memperbaiki blue screen oleh file athwbx.sys di Windows 10

Untuk Anda yang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa memperbaikinya dengan mengikuti beberapa cara yang telah tuliskan di bawah ini:

  1. Update, kembalikan atau non-aktifkan driver jaringan

Adanya masalah yang menyebabkan tidak kompatibelnya sistem operasi dengan driver adalah penyebab utama masalah ini. Karena, di sini sudah kita ketahui file athwbx.sys ini bekerja untuk driver Qualcomm Atheros, maka silahkan Anda update, uninstall atau kembalikan ke versi driver sebelumnya.

  1. Gunakan system file checker

System file checker atau biasa disingkat dengan sfc sangat berguna untuk memperbaiki dan mengembalikan file system yang hilang di Windows 10 Anda. Anda cukup menekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih Command Prompt (Admin) dari daftar yang ada. Setelah halaman CMD tersebut muncul, maka silahkan Anda ketikkan perintah sfc /scannow, lalu tekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut. Jika sudah selesai, silahkan restart komputer Anda.

  1. Lakukan check Disk

Untuk menggunakna check disk di Windows 10, maka And cukup membuka Command Prompt (admin), lalu ketikkan perintah chkds /f c:. Setelah itu, tekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.

  1. Pemeriksaan RAM dengan Windows Memory Diagnostics

Untuk membuka Windows Memory Diagnostics, silahkan Anda tekan Win +R pada keyboard. Pada kolom RUN yang muncul tersebut, silahkan Anda ketik, mdsched.exe dan tekan tombol Enter. Setelah halaman Windows Memory Diagnostic Tool  terbuka, silahkan Anda pilih opsi pertama yaitu, Restart now and check for problems (Recommended). Komputer Anda pun akan langsung restart dan memulai proses pengecekan dan perbaikan RAM jika ditemukan kerusakan.

  1. Jalankan Blue Screen Troubleshooter

Fitur blue screen troubleshooter di Windows 10 ini memang sangatlah membantu dalam mengatasi setiap permasalahan blue screen yang muncul. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya, tentang cara menggunakan fitur blue screen troubleshooter di Windows 10.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah blue screen error pada file athwbx.sys di Windows 10. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY