Bagi para Gamers, Steam tentunya merupakan software yang cukup terkenal. Steam ini sendiri seperti Google Play Store untuk tempat pembelian dan launcher game PC. Anda banyak sekali jenis dan genre dari game-game di dalam Steam ini, mulai dari yang terbaru hingga game-game jadul pun masih tersedia. Di dalamnya juga tersedia game yang gratis atau pun berbayar. Tentunya, game-game yang berbayar akan memberikan Anda hasil yang baik saat dimainkan.

Namun, banyak para pengguna sering mengeluhkan masalah dari launcher Steam ini. Salah satu dari masalahnya tersebut adalah Application load error 5: 0000065434. Error ini sendiri kerap kali muncul saat Anda ingin membuka atau memainkan game.

Cara mengatasi Application load error 5: 0000065434 di Steam

Kalau Anda termasuk salah satu pengguna Windows 10 yang mengalami masalah serupa saat ingin memainkan game di Steam, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk memperbaikinya:

1. Copy file exe dari game

Klik kanan pada shorcut aplikasi Steam yang ada di desktop, lalu pilih opsi Open file location. Di dalam folder tersebut, silahkan Anda copy file exe dari game yang bermasalah tersebut ke folder Library Steam, yang lokasinya biasa ada di Steam\SteamApps\Common. Cari nama dari folder game folder dari game tersebut, lalu paste file exe tersebut ke dalam folder tersebut.

2. Perbaikan melalui CMD

  • Tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih opsi Command Prompt (Admin). Setelah halaman Command Prompt tersebut terbuka, silahkan Anda ketikkan perinth berikut:

cd “C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common”

mklink “steam.exe” “C:\Program Files (x86)\Steam\steam.exe”

  • Untuk Anda yang menginstall Steam di drive atau partisi yang berbeda, maka Anda harus mengganti kode “c:\” dengan drive atau partisi tempat Anda menginstall steam.
  • Setelah itu, silahkan Anda restart komputer Anda, jika sudah muncul pesan Operation completed successfully dari halaman Command Prompt tersebut.

3. Verifikasi game

Untuk memverifikasi game, silahkan Anda buka terlebih dulu aplikasi Steam tersebut di komputer Anda, lalu login. Setelah itu, silahkan Anda klik kanan pada nama game yang mengalami error tersebut, lalu pilih opsi Properties.

Jika sudah, silahkan Anda klik pada tab LOCAL FILES.

Klik pada tombol yang bertuliskan INTEGRITAS VERIFIKASI GAME GAME.

Tunggu sampai prosesnya selesai, dan coba buka kembali game tersebut, lalu lihat apakah masalah tersebut masih muncul atau tidak.

4. Hapus file yang konflik

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan membuka folder My Documents, lalu cari folder yang memiliki nama game yang bermasalah tersebut. Silahkan Anda hapus folder tersebut, lalu coba jalankan kembali gamenya.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk bisa mengatasi masalah Application load error 5: 0000065434 saat membuka game Steam di Windows 10. Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY