Saat ini, para remaja hingga anak-anak lebih tertarik dengan dunia digital, seperti gambar dan juga video. Hal ini bisa kita lihat dengan jumlah Youtuber atau penonton setia para Youtuber yang semakin bertambah dari setiap harinya. Tidak hanya itu saja, dunia perkantoran pun memang banyak mencari user yang bisa desain grafis dan juga editor video untuk tujuan pembuatan presentasi bertema info grafis yang memang saat ini lagi trending.

Membuat video (AVI) dengan gabungan gambar

Kalau Anda memiliki kemampuan desain grafis yang baik dan ingin belajar membuat video dari hasil desain gambar yang Anda bikin, maka saran Saya Anda sebaiknya menggunakan software MakeAVI. Software ini memang sangat bisa membantu membuat video time lapse dari gabunga-gabungan gambar yang Anda miliki. Jadi, Anda bisa membuat komik sendiri dengan mudah loh!

MakeAVI ini sendiri menggunakan API dari Windows AVI. Jadi, bisa dikatakan software ini memang hanya dibuat untuk sistem operasi operasi Windows saja. Software MakeAVI ini pun sudah support dengan banyak format file gambar, seperti BMP, JPG, PNG dan lainnya. Selain itu pula, ada pilihan untuk format hasil video, seperti SD, 720p HD, 4K, 1080p HD bahkan ada yang hampir 8K dalam resolusi piksel.

Cara menggunakan software MakeAVI

  • Langkah pertama adalah dengan mendownload software ini tentunya, setelah itu langsung menginstallnya.
  • Jika sudah terinstall, silahkan Anda klik Add File dan pilih gambar dari komputer Anda.
  • Selanjutnya, Anda set berapa frame rate (FPS) video itu nantinya.
  • Jika sudah selesai, silahkan Anda klik pada tombol Start untuk mulai membuat video time lapse.

Yang membuat software gratisan ini menjadi rekomendasi adalah, karena kapasitasnya yang kecil serta mampu memproses lebih dari 3500 gambar sekaligus. Tentunya itu adalah beban yang cukup berat untuk software sekelas MakeAVI yang bisa didapatkan secara gratis ini.

Hanya saja, Anda tidak bisa menghapus gambar secara sekaligus. Anda harus melakukan proses penghapusan gambar satu persatu kalau dibutuhkan. Dan ini tentunya menjadi kekurangan dari software ini.

Sofware MakeAVI ini memang sangat cocok untuk Anda para pemula atau ingin membuat video time lapse sederhana. Tapi, untuk yang sekelas editor papan atas, maka software MakeAVI ini tentunya akan memberikan hasil yang kurang maksimal. Bahkan untuk pengeditan gambar atau pun transisi pun tidak tidak diberikan di dalam software ini.

Maka dari itu, Anda bisa menggunakan software ini hanya untuk kebutuhan standar atau sederhana saja. Kalau Anda memang tertarik untuk menggunakan software ini, maka Anda bisa mendapatkannya secara gratis melalui link sourceforge.net/projects/makeavi/files/latest/download.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY