Bagi yang sudah sering berhubungan dengan dunia internet, pasti sudah sangat mengenal browser Mozilla Firefox. Firefox ini merupakan browser yang memang sangatlah booming sebelum kehadiran Google Chrome. Pasalnya, hanya Firefox yang memang memberikan kemudahan dan pengalaman menjelajah internet dengan baik dan cepat.

Mozilla Firefox saat ini mungkin satu-satunya browser yang menganggap Privasi dan pelacakan adalah hal serius. Versi terbaru dari Firefox pun sudah memastikan hal itu, namun para penggunanya pun ternyata merasa terganggu dengan fitur penjaga privasi tersebut dengan kemunculan pesan atau notifikasi di tab baru. Isi pesan tersebut seperti Your passwords, files, data. It’s all yours. Our Family of products keeps it that way. Sedikit terkesan seram sih, tapi keamanan ini memang perlu untuk dilakukan.

Apa itu Snippets? Bagaimana cara Firefox mengirim pesan?

Snippets ini merupakan fitur pesan dalam bentuk jendela kecil yang muncul pada tab baru. Saat Anda baru pertama kali menginstall Mozilla Firefox di komputer, lalu membukanya, maka Anda akan melihat sebuah pesan berupa sambutan dari Firefox, nah itulah yang dinamakan dengan Snippet.

Fitur Snippet ini ditujukan untuk memberitahukan kepada pengguna mengenai adanya fitur baru yang ditambahkan oleh pihak Firefox di browsernya. Bukan hanya fitur saja yang memunculkan notifikasi tersebut, tapi bisa berupa tips penggunaan browser yang tepat, berita mengenai dunia internet, dan hal-hal lainnya.

Cara Firefox menerima Snippets

Munculnya Snippets ini karena, Firefox memang langsung terhubung ke server Mozilla, sehingga memudahkannya untuk mengambil Snippets yang tersedia. Di saat Anda membuka halaman atau tab baru, maka beberapa Snippets pun akan bermunculan, yang berhubungan dengan aktivitas keseharian Anda di internet, seperti berita lokal, add-on yang diinstal, dan hal lainnya.

Cara nonaktifkan pesan dari Firefox di tab baru

Kalau Anda termasuk sebagai salah satu pengguna Firefox yang mendapatkan pesan-pesan serupa, dan menurut Anda itu cukup mengganggu, maka Anda bisa mematikan fitur notifikasi pesan tersebut dari Firefox dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka browser Firefox, lalu ketikkan about:preferences#home, pada kolom URL, dan tekan tombol Enter.
  • Di dalam halaman yang terbuka tersebut, silahkan Anda cari Snippets, dan hilangkan tanda centang yang ada pada kolom Snippets tersebut.
  • Jika sudah selesia, pastikan untuk menutup Firefox Anda, lalu silahkan Anda buka kembali.

Langkah-langkah di atas seharusnya sudah bisa menghilangkan atau mematikan fitur notifikasi pesan dari Mozilla Firefox.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan untuk mematikan fitur Snippets di Mozilla Firefox yang muncul. Kalau Anda memiliki cara lainnya atau pertanyaa seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY