WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang kini memiliki banyak sekali pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini memang sangatlah membantu dalam berkomunikasi dengan lebih mudah dan cepat. Di samping itu, dukung berbagai fitur membuat WhatsApp semakin menjadi lebih baik dan tentunya nyaman digunakan.

Anda bisa saling berkirim file, seperti foto, musik, video, dokumen dan lainnya. Terdapat pula fitur voice call dan video call yang tidak akan mengurangi pulsa ponsel Anda, karena hanya menggunakan koneksi internet saja. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa membuat fitur group chat dan group call, sehingga Anda yang memiliki komunitas atau pun keluarga bisa saling berkomunikasi dengan lancar dan tetap update terhadap berita yang ada.

Cara disable notifikasi WhatsApp

Saat ada chat, baik itu personal atau pun group maka WhatsApp akan memberikan notifikasi pada layar hp Android Anda. Notifikasi tersebut pun akan muncul walaupun Anda sedang menggunakan aplikasi tertentu, seperti game. Sehingga, beberapa pengguna pun merasa kalau notifikasi tersebut cukup mengganggu.

Nah, kalau Anda memang ingin mematikan notifikasi dari WhatsApp ini, khususnya untuk group yang memang kadang memiliki diskusi sangat panjang dengan jumlah user yang cukup banyak, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp di hp Android Anda.
  • Setelah itu, silahkan Anda tap pada ikon menu 3-titik yang letaknya ada di sudut kanan atas halaman WhatsApp tersebut.

  • Dari menu drop-down yang muncul, Anda cukup tap pada opsi Settings.

  • Di jendela Settings ini, tap pada opsi Notifications, seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah ini.

  • Di jendela Notifikasi tersebut, silahkan Anda lanjut untuk scroll ke bawah, hingga sampai pada bagian Group Notification, kemudian Anda tap pada opsi Pop up Notifications.

  • Di jendela pop up yang muncul tersebut, Anda akan melihat empat opsi yang berbeda-beda, dengan penjelasan sebagai berikut.

No Popup : Memilih opsi ini benar-benar akan memblokir Notifikasi WhatsApp di Ponsel Android Anda.

Only When Screen “on” : Memilih opsi ini akan menonaktifkan Notifikasi WhatsApp ketika Ponsel Android Anda terkunci.

Only When screen “off” : Memilih opsi ini akan menyebabkan notifikasi WhatsApp akan tetap muncul walaupun saat layar Anda mati, lock screen, bahkan saat mati.

Always Show Popup : Seperti yang dapat Anda pahami dari istilah, memilih Opsi ini akan menyebabkan notifikasi WhatsApp selalu tersedia.

  • Kalau Anda memang merasa notifikasi WhatsApp itu sangan mengganggu, maka Anda bisa memilih opsi yang pertama, yaitu No Pop up.

Penutup

Seperti itulah langkah untuk mematikan notifikasi WhatsApp yang bisa Anda lakukan pada hp Android Anda. Kalau Anda memiliki cara lain yang mudah dan cepat, atau ada pertanyaan seputar artikel di atas, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY