Sistem operasi Windows 7 sampai saat ini memang masih menjadi sistem operasi terbaik untuk banyak komputer dan pengguna. Bahkan, Windows 10 yang sudah dirilis sejak dari 3 tahun lalu pun masih bisa dikatakan kalah saing dengan pengguna Windows 7. Pasalnya, Windows 7 memang bisa dikatakan cukup kompatibel dengan hampir semua software dan hardware yang ada saat ini. Bisa dikatakan rata-rata perkantoran masih menggunakan windows 7 sampai saat ini. Padahal, opsi untuk upgrade gratis bagi berlisensi.

Mematikan notifikasi end support untuk Windows 7

Dukungan gratis terhadap Windows 7 dari Microsoft akan berakhir pada Januari tahun 2020. Jadi, kalau Anda masih tetap ingin menggunakan Windows 7 selanjutnya, maka Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan dukungan secara khusus dari Microsoft. Untuk itu, solusi terbaiknya adalah dengan mengupgrade menjadi Windows 10. Di samping itu pula, Microsoft pun akan terus mewanti-wanti para pengguna Windows 7 melalui notifikasi pop up mengenai dukungannya yang akan berakhir tersebut, sekaligus mempromosikan untuk upgrade ke Windows 10.

Kalau Anda memang pengguna Windows 7, dan merasa terganggu dengan notifikasi tersebut, tapi Anda masih belum ingin melakukan upgrade ke Windows 10, maka Anda bisa mematikan notifikasi tersebut cara di bawah ini:

1. Hapus update Windows KB4493132

Update Winodws KB4493132 sudah dirilis pada perangkat komputer Windows 7. Update inilah yang membawa pesan atua notifikasi mengenai berakhirnya dukungan atau end support pada Windows 7 tersebut. Untuk Anda yang belum melakukan update, maka tidak perlu untuk melakukan update. Tapi, untuk Anda yang sudah terlanjut melakukan update, maka silahkan Anda hapus instalasi update tersebut.

2. Hilangkan beberapa daftar dari update offline WSUS

Kalau memilih update secara offline WSUS untuk Windows 7, maka Anda perlu menghilangkan beberapa daftar dari update KB4493132. Anda bisa menemukan daftar tersebut di dlaam WSUSL: Exclude/custom, dan buka file-file berikut ini:

– ExcludeList.txt

– ExcludeListForce-all.txt

Setelah itu, silahkan Anda masukkan dua baris perintah berikut ini, ke dalam file-file tersebut.

KB4493132

<A blank line>

Jika sudah, silahkan Anda simpan file tersebut dan tutup file tersebut.

Untuk mengecek apakah memang cara ini bisa berhasil, maka Anda sebaiknya merestart komputer Anda lihat, apakah notifikasi tersebut masih muncul atau tidak.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah notifikasi End Support untuk Windows 7. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY