Membuat dokumen di Word terkadang membutuhkan beberapa tambahan data dari beberapa dokumen lain, seperti Excel. Jadi, saat Anda melakukan perbaikan data dari file Excel tersebut, maka secara otomatis data Excel yang disisipkan Word juga akan mengikuti. Beberapa pengguna biasanya hanya melakukan copy paste pada halaman Excel ke Word. Tapi, ini tidak akan mengupdate file di Word jika Anda melakukan perubahan pada Microsoft Excel.

Cara memasukkan Excel Spreadsheet di dokumen Word

Pada artikel ini, saya akan memberi tahu Anda mengenai cara untuk memasukkan lembar kerja (Spreadsheet) Excel ke Word, agar nantinya saat file Excel mengalami update, maka file Word yang disisipkan data Excel juga akan terupdate.

Metode 1: Copy Paste

Cara copy paste yang dilakukan di sini bukanlah seperti cara biasanya. Setelah mengcopy data Excel tersebut, maka saat melakukan Paste, Anda harus klik kanan pada lembar Word, lalu pilih opsi Keep Source Formatting and Link to Excel atau Match Destination Table Style and Link to Excel.

Data yang Anda masukkan tersebut sebenarnya masih terbilang data statis. Saat Anda melakukan update pada lembar Excel yang Anda copy tersebut, maka Anda harus membuka dulu halaman Word kembali, dan nantinya akan muncul notifikasi untuk mengupdate data. Anda cukup mengklik tombol Yes jika memang Anda ingin mengupdate data tersebut di Microsoft Word.

Tips: Kalau memang Anda tidak ingin mendapatkan notifikasi update lagi, dan ingin secara otomatis terupdate jika ada update di database Excel, maka Anda cukup klik kanan spreadsheet Excel yang di Word tadi, lalu pilih opsi Linked Worksheet Object dan klik Edit Link. Cara ini akan membuka halaman Excel sumber dari data tersebut, dan silahkan lakukan update pada data tersebut.

Tips di atas juga berguna kalau data asli Excel di dokumen Word tidak Anda ketahui lokasinya di komputer.

Metode 2: Dengan insert object

Metode kedua ini adalah dengan melakukan link Excel ke dalam dokumen Word melalu tab Insert Obeject.

  • Pada dokumen Word, silahkan Anda klik tab Insert, lalu klik ada Object.
  • Setelah kolom halaman muncul, silahkan Anda klik pada tab Create from File.
  • Selanjutnya silahkan Anda cari file Excel yang ada pada komputer Anda. Setelah file Anda temukan, maka pastikan memberikan tanda centang pada opsi Link to file. Kalau Anda tidak ingin melakukan update otomatis saat file Excel diupdate, maka Anda tidak perlu memberikan tanda centang.
  • Kini semua kontak Excel sudah ada pada dokumen Word.

Kalau Anda ingin mengedit data Excel, maka Anda cukup mengklik dua kali Excel spreadsheet di Word tersebut, lalu akan terbuka halaman asli data Excel tersebut.

Metode 3: Menggunakan insert table

Metode ketiga ini adalah menyisipkan semua lembar kerja Excel yang bisa di edit langsung di Word juga. Langkah-langkah adalah sebagai berikut:

  • Klik Insert > Table > Excel Spreadsheet.
  • Lembar kerja (spreadsheet) Excel pun akan langsung terbuka pada halaman dokumen Word Anda.

Cara ini bisa juga Anda manfaatkan untuk membuat rumus (Formula), filter, dan proses pengeditan Excel dengan mudah. Tanpa harus membuka lagi halaman Microsoft Excel baru.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY