Untuk Anda pengguna komputer Windows, aplikasi Notepad dan juga Sticky Note pasti sudah tidak asing lagi. Di mana kedua software ini memang sangat banyak dimanfaatkan untuk menyimpan catatan penting atau sementara dengan lebih cepat, dan juga nntinya bisa diakses dengan mudah. Untuk Sticky Notes sendiri memang memiliki keuntungan di mana catatan akan diproses secara autosave. Tapi, kalau untuk Notepad sendiri kelebihannya adalah bisa diakses atau terbuka lebih cepat.

Namun, untuk mempermudah atau mempercepat proses akses dari kedua aplikasi ini, maka Anda harus menyimpannya di desktop atau taskbar saja.

Cara memasang Notepad dan Sticky Notes di Desktop atau Taskbar Windows 10

Secara default, software Notepad dan juga Sticky Notes ini memang menjadi bawaan atau bloatware pada sistem operasi Windows 10. Software ini pun secara default bisa diakses melalui Start Menu. Tapi, ini tentunya tidak efektif untuk mempercepat waktu dalam mengakses aplikasi tersebut. Maka dari itu, halaman Desktop atau Taskbar menjadi alternatif untuk akses cepat dari kedua aplikasi tersebut.

Cara menambahkan Notepad ke Desktop dan Taskbar Windows 10

Berikut ini cara-cara menambahkan aplikasi Notepad ke Desktop dan juga ke Taskbar menu di Windows 10:

1. Membuat shortcut Notepad di Desktop Windows 10

  • Silahkan Anda buka halaman Windows Explorer.
  • Selanjutnya, silahkan Anda menuju ke folder C:\Users\<username>\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Accessories
  • Klik kanan pada aplikasi Notepad yang ada di dalam folder tersebut, lalu pilih pada opsi Send to > Desktop.

2. Memasang Notepad ke Taskbar

  • Klik tombol Start, dan langsung ketik Notepad.
  • Saat aplikasi Notepad muncul dari hasil pencarian, silahkan Anda langsung klik kanan.
  • Pada menu klik kanan tersebut, Anda lanjut dengan mengklik pada opsi Pin to Taskbar.

Cara menambahkan Sticky Note di Taskbar

Karena aplikasi Sticky Notes ini memang tidak bisa ditambahkan ke Desktop, maka opsi satu-satunya itu hanya ke menu Taskbar saja. Langkah-langkahnya bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Klik tombol Start, dan ketik Sticky Note.
  • Ketika aplikasi Sticky Note muncul dari hasil pencarian, langsung klik kanan saja.
  • Pada menu klik kanan yang muncul itu, silahkan Anda pilih pada opsi Pin to Taskbar.

Jika aplikasi Sticky Notes tersebut sudah muncul pada menu Taskbar, silahkan Anda klik kanan untuk mengakses fitur-fiturnya, seperti New (membuat catatan baru), Settings, Notes List (daftar catatan), dan lainnya.

Akhir kata

Itulah cara menambahkan Notepad dan Sticky Notes ke Desktop atau Taskbar di Windows 10, untuk akses lebih mudah dan cepat, jika ingin digunakan. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah dan cepat, atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY