Beberapa dari Anda mungkin masih belum tahu, kalau ternyata di dalam browser Google Chrome itu sudah diberikan fitur keamana untuk melakukan scanning terhadap malware. Fitur ini sendiri merupakan hasil pengembangan dari ESET untuk melakukan scanning dan menemukan malware yang ada di komputer Anda. Hanya saja, sasaran malware yang diincar oleh fitur tersebut, hanyalah yang memang beresiko terhadap browser Chrome itu sendiri.

Beberapa jenis malware yang biasanya dianggap beresiko atau mengganggu oleh fitur tersebut, seperti popup, iklan yang disisipkan, merubah default search engine, yang membuat kinerja browser lambat, dan lain sebagainya.

Cara menggunakan fitur Scanner Malware di Chrome

Fitur malware scanning di Google Chrome ini sendiri sebenarnya sudah aktif secara defaultnya, dan sudah berjalan di background secara rutin saat Anda membuka Chrome. Namun, untuk Anda yang ingin melakukan proses scanning secara manual juga bisa memanfaatkan fitur tersebut, kapan pun Anda mau.

Jadi, kalau Anda sudah merasa browser Chrome Anda itu sudah sedikit mengalami masalah, lambat, banyak iklan aneh yang muncul, dan hal mencurigakan lainnya yang cukup mengganggu, maka Anda bisa menjalankan fitur tersebut dengan cara seperti di bawah ini:

  • Langkah selanjutnya adalah dengan membuka jendela atau halaman ini, dengan cukup mengetikkannya pada kolom url di Google Chrome Anda:

chrome://settings/cleanup

  • Anda pun bisa memilih cara yang lebih panjang dengan membuka menu Settings > Advanced. Di dalam menu tersebut, silahkan Anda scroll ke bawah dan pada tab Reset and clean up, silahkan Anda pilih opsi Clean up computer.
  • Selanjutnya, Anda cukup mengklik pada opsi Find.

  • Sampai pada tahapan ini, fitur Malware Scanner pun akan langsung bekerja sendiri, untuk mulai mencari aplikasi atau pun malware yang sudah menginfeksi komputer Anda. Kalau sudah ditemukan Anda bisa memilih opsi Clean-up untuk langsung membersihkan malware tersebut. Kalau ternyata hasil scanning tersebut tidak menemukan adanya malware, maka akan ditampilkan status kalau komputer Anda bersih dari malware, baik dari software atau pun file lainnya.

Sangat mudah bukan caranya?

Penutup

Nah, itulah cara memanfaatkan fitur Malware Scanner di Google Chrome untuk Anda yang memang ingin lebih aman berselancar di internet. Cara ini akan lebih mempermudah Anda untuk bisa menemukan malware pengganggu tanpa harus menginstall lagi anti virus yang malah akan membuat komputer Anda semakin berat bekerja.

Kalau ternyata fitur tersebut tidak Anda temukan pada browser Google Chrome Anda, maka lakukan update ke Chrome versi terbaru terlebih dulu ya!

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY