Jumlah file atau folder di dalam komputer tentunya akan semakin bertambah setiap harinya. Hal ini akan membuat media penyimpanan yang Anda gunakan tentunya akan semakin membengkak dan full. Kalau sudah semakin penuh, hal yang bisa Anda lakukan adalah menambah kapasitas dengan membeli media penyimpanan baru, atau menghapus file dan folder yang tidak penting lagi.

Kalau Anda harus menambah kapasitas media penyimpanan, tentunya Anda harus menyiapkan dana lagi untuk membeli hardisk tambahan. Tapi, kalau Anda ternyata memang memiliki banyak file atau folder yang sudah tidak penting lagi, maka sebaiknya Anda menghapus semua file dan folder tersebut. Hanya saja, terkadang ada beberapa file atau folder yang tidak dapat terhapus seperti biasanya di Windows Explorer. Biasanya, file atau folder ini terkunci, sehingga Anda tidak dapat menghapusnya dengan menggunakan tombol Delete seperti biasanya.

Cara mengapus file atau folder melalui CMD

Cara paling ampuh menghapus file yang tidak dapat dihapus di Explorer seperti biasa itu, menggunakan perintah Command Prompt (CMD). Akan tetapi, menggunakan perintah CMD untuk menghapus file itu memiliki resiko file atau folder tersebut tidak dapat dikembalikan lagi. Jadi, Anda sebaiknya memastikan kalau file tersebut sudah tidak penting lagi.

Kalau Anda ingin mencoba cara ini dengan baik dan benar, sebaiknya Anda mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Menghapus file melalui CMD

Silahkan Anda buka halaman CMD seperti biasanya, dengan mencarinya melalui Start Menu. Setelah halaman CMD terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah untuk masuk ke drive atau partisi yang file atau foldernya ingin Anda hapus. Misalnya, Anda ingin menghapus file di drive D, maka Anda cukup mengetikkan d: lalu tekan tombol Enter.

Setelah berhasil masuk ke drive yang diinginkan, silahkan Anda masuk ke dalam folder yang filenya ingin Anda hapus, dengan menggunakan perintah cd namafolder. Jika Anda sudah berada di dalam folder yang filenya ingin Anda hapus, silahkan Anda ketik perintah dir lalu Enter, untuk memunculkan daftar file di folder tersebut.

Dari sini, Anda bisa mengetikkan perintah del /f /a namafile lalu tekan tombol Enter.

  • /F adalah singkatan dari force delete
  • /A hanya memilih file dengan atribut siap untuk pengarsipan

2. Hapus folder melalui CMD

Kalau folder yang Anda ingin hapus berada di drive atau dalam sub folder, maka silahkan Anda masuk dulu dengan perintah seperti pada contoh di atas. Setelah berada di dalam lokasi yang terdapat folder yang ingin Anda hapus, maka silahkan Anda langsung gunakan perintah berikut:

rd /s namafolder

Sini:

  • rd untuk menghapus folder.
  • /s untuk menghapus semua subfolder dan file yang ada di dalamnya.

Akhir kata

Itulah cara yang bisa Anda gunakan jika folder atau file di komputer Anda terkunci atau tidak dapat dihapus dengan biasa. Kalau Anda memiliki metode lainnya atau pertanyaan seputar artikel di atas, coba Anda tuliskan di kolom komentar untuk berbagi.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY