Pada sistem operasi Windows 10, terdapat menu tambahan yang bernama menu Settings. Menu ini mempermudah para pengguna untuk melakukan pengaturan pada setiap fitur-fitur terbaru atau pun yang lama, yang ada pada Windows 10 tersebut. Mulai dari troubleshoot, hingga pada opsi untuk melakukan reset pabrikan (factory reset), seperti yang ada pada smartphone-smartphone saat ini.

Akan tetapi, salah satu dari masalah yang membuat kita akan bingung hingga stres adalah jika halaman atau menu Settings di Windows 10 tersebut tidak bisa terbuka atau error. Apalagi jika Anda harus melakukan reset pabrikan pada perangkat Windows 10 Anda tersebut, karena ada beberapa error yang hanya bisa diperbaiki dengan melakukan factory reset.

Untuk Anda yang memang tidak bisa membuka menu Settings untuk melakukan reset Windows 10, maka di bawah ini Saya memiliki 2 langkah alternatif untuk melakukan reset pabrikan komputer Windows 10 dengan mudah.

Cara reset Windows 10 tanpa masuk ke menu Settings

Untuk bisa mereset komputer Windows 10 Anda tanpa menggunakan menu Settings, maka yang akan kita gunakan di sini adalah halaman Advance Startup. Untuk bisa mengakses halaman Advance Startup ini, maka Anda bisa mencoba 2 metode di bawah ini.

  1. Melalui halaman Lockscreen

Membuka halaman Lockscreen ini pun sangatlah mudah. Pastikan saja Anda sudah login ke akun Windows 10 Anda tersebut. Setelah itu, silahkan Anda tekan tombol Win + L pada keyboard untuk kembali ke halaman login Windows 10 tersebut.

Pada jendela login tersebut, silahkan Anda klik pada tombol Power yang ada di sudut kanan bawah. Setelah pilihan opsi power tersebut muncul, silahkan Anda tekan tombol Shift pada Keyboard dan pilih pada opsi Restart.

Cara ini pun sebenarnya bisa Anda lakukan pada Desktop, dengan mengklik tombol Power, lalu tekan dan tahan tombol Shift sambil mengklik tombol Restart. Cara ini akan membuat Anda bisa masuk ke halaman Advanced Startup Options.

  1. Menggunakan Command Prompt

Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard. Setelah semua menu muncul, silahkan Anda klik pada Command Prompt (Admin). Silahkan Anda klik pada tombol Yes pada jendela User Account Control (UAC) yang muncul.

Jika sudah berada di dalam halaman CMD tersebut, silahkan Anda ketikkan perintah shutdown /r /o /f /t 00. Lalu akhiri dengan menekan tombol Enter. Cara ini akan membuat komputer Anda restart dan masuk ke dalam halaman Advanced Startup Options.

Reset Windows melalui Advanced Startup

Jika Anda sudah berhasil masuk ke halaman Advance Startup ini, maka silahkan Anda klik pada menu Troubleshoot > Reset this PC.

Nanti akan terdapat 2 opsi, yaitu Keep my files dan Remove everything. Kalau Anda memilih Keep my files, maka semua file-file Anda di drive System akan tersimpan nantinya. Tapi, kalau Anda memilih Remove everything, maka file-file di drive System tersebut akan ikut terhapus seluruhnya.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY