Setiap hp Android memang dilengkapi dengan ringtone bawaan. Akan tetapi, ringtone bawaan tersebut biasanya sangatlah singkat dengan nada yang sederhana. Kalau Anda memang bosan atau tidak suka dengan ringtone bawaan tersebut, maka Anda bisa mengganti ringtone tersebut dengan lagu mp3 di hp Android Anda.

Untuk itu, agar Anda bisa menjadikan lagu mp3 tersebut sebagai ringtone di hp Android Anda, maka Anda bisa mencoba untuk meng-convert atau memotong lagu tersebut dengan langkah-langkah yang ada di bawah ini.

Cara meng-convert lagu mp3 di hp Android menjadi ringtone

  • Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan menginstall aplikasi yang bernama Timbre. Kalau sudah terinstall, silahkan Anda langsung saja membuka aplikasi tersebut, kemudian, Anda bisa membuka bagian audio, dan tap pada opsi yang bertuliskan Cut.

  • Langkah berikutnya adalah dengan memilih lagu mp3 yang ingin Anda convert atau potong untuk dijadikan ringtone di hp Android Anda. Daftar lagunya ini haruslah sudah ada di dalam media penyimpanan hp Android Anda ya! Jadi, pastikan Anda sudah mendownload lagu tersebut ke dalam hp Android Anda.

  • Kemudian, silahkan Anda langsung masuk ke dalam menu editing pada Timbre tersebut. Di tahapan ini Anda bisa mulai melakukan penyesuaian pada bagian dari lagu yang ingin Anda potong tersebut. Terdapat beberapa tools yang tersedia di dalam aplikasi Timbre tersebut yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini. Di samping itu pula, aplikasi ini akan menyediakan opsi untuk lokasi penyimpanan lagu yang telah Anda edit nantinya.

  • Jika proses convert lagu tersebut sudah selesai, maka silahkan Anda tap pada ikon Gunting. Nantinya Anda akan melihat pop up untuk konfirmasi convert tersebut. Jika memang opsinya tersebut sudah sesuai, maka silahkan Anda tap pada tombol Save.

  • Dengan cara ini, maka hasil potongan lagu di hp Android Anda tersebut akan langsung dimasukkan ke dalam folder yang sudah Anda siapkan sebelumnya. File hasil convert yang telah dipotong tersebut pun memiliki ukuran yang pastinya lebih kecil dengan format mp3. Anda pun bisa dengan bebas memanfaatkan potongan lagu tersebut di hp Android Anda, seperti alarm atau pun notifikasi.

Penutup

Nah, itulah cara mudah untuk memotong dan meng-convert lagu mp3 di hp Android agar bisa Anda jadikan sebagai ringtone. Kalau Anda memiliki cara yang lebih mudah, silahkan Anda sampaikan pada kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY