Sistem operasi Windows 10 ini sendiri sudah tercatat dengan lebih dari 700 pengguna saat ini. Dan, jumlah tersebut pun masih terus bertambah seiring dengan waktu. Pasalnya, sistem operasi besutan Microsoft ini memang dibuat untuk kebutuhan kompatibilitas perangkat-perangkat dan juga software terbaru saat ini.

Tidak hanya itu saja, Windwos 10 juga sering mendapatkan update terbaru dari Microsoft secara langsung. Di samping itu pula, fitur-fitur dari update tersebut membuat para pengguna semakin mudah dalam menggunakannya. Salah satu fitur yang ada pada Windows 10 yang menurut Saya paling bermanfaat adalah screenshot. Screenshot merupakan proses pengambilan gambar yang tampil pada layar Anda saat itu juga. Pada Windows 10 ini, Anda bisa memilih untuk melakukan screenshot dengan ukuran layar penuh, atau pun sesuai dengan area yang Anda inginkan.

4 Cara mengambil screenshot di Windows 10

Untuk Anda yang memang butuh dengan fitur screenshot tersebut, mungkin tutorial atau lainnya, maka Anda bisa mencoba 5 cara screenshot di Windows 10 di bawah ini:

  1. Snip And Sketch

Fitur terbaru yang dibawa oleh Windows 10 build Oktober 2018 lalu ini adalah Snip And Sketch. Fitur ini sendiri bisa membantu pengguna untuk melihat tampilan layar lalu melakukan pengeditan untuk screenshot tersebut.

Snip And Sketch memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot layar dengan berbagai ukuran, baik sebagian area atau pun secara penuh. Setelah itu, hasil screenshot tersebut akan disimpan pada clipboard.

  1. Snipping Tool

Fitur yang satu ini sendiri sudah ada pada Windows 7, tapi mungkin beberapa dari Anda sangat jarang menggunakannya.Tool yang satu ini mirip dengan Snip And Sketch sebelumnya, di mana Anda bisa bebas memilih area yang ingin Anda capture. Setelah itu, hasil screenshot tersebut bisa Anda simpan di clipboard.

  1. Tombol Print Screen

Untuk yang satu ini mungkin yang paling dikenal oleh para pengguna komputer Windows. Pasalnya, fitur ini memang sudah ada pada semua versi Windows terdahulu hingga saat ini di Windows 10. Pada masing-masing keyboard komputer yang lengkap, terdapat tombol bertuliskan Print Screen (PRTSCR). Saat Anda menekan tombol tersebut, maka itu akan merekam atau mengambil capture dari layar Anda. Hanya saja fitur ini akan secara otomatis mengambil capture ukuran layar secara penuh. Selain itu, Anda harus membuka aplikasi edit gambar seperti Paint atau Photoshop untuk membuka hasil capture tersebut, dan menyimpannya.

  1. Logo Windows + Volume Down

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengambil Screenshot di Windows 10 adalah dengan menekan tombol Windows + Volume Down. Untuk tombol volume sendiri, memang tidak semua keyboard memiliki tombol tersebut. Tombol tersebut biasaya hanya ada pada keyboard multimedia atau gaming. Tapi, untuk Anda pengguna perangkat laptop, maka tombol Volume ini pasti ada kan? Cara penggunaannya itu, cukup dengan menakan dan menahan tombol logo Windows kemudian menekan tombol volume down.

Akhir kata

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengambil screenshot di Windows 10 tanpa aplikasi pihak ketiga. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY