Windows Firewall merupakan salah satu sistem keamanan dari Microsoft yang secara otomatis ditambahkan dan aktif saat Anda baru menginstall sistem operasi Windows. Fitur ini sendiri pun terus dikembangkan hingga pada versi sistem operasi Windows 10 terbaru saat ini.

Fitur ini sendiri biasanya akan mendeteksi jika Anda menginstall software atau program pihak ketiga pada komputer Windows Anda. Kalau ternyata software tersebut tidak bisa terinstall karena diblok oleh Windows Firewall tersebut, maka Anda harus mematikan Windows Firewall terlebih dulu. Ada juga software yang sebaliknya, di mana software tersebut membutuhkan akses Firewall untuk memblok beberapa fiturnya, agar tidak berfungsi. Biasanya software yang membutuhkan blok dari Firewall ini adalah software crack dari pihak ketiga.

Cara aktifkan dan nonaktifkan Firewall di Windows 10

Beberapa dari pengguna sendiri mungkin masih bingung bagaimana cara mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Firewall ini. Untuk itu, bagi Anda yang memang ingin mengetahui caranya, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini:

  1. Melalui halaman Windows Security

Silahkan Anda klik pada tombol Start Menu, lalu langsung ketikkan Windows Security, dan klik pada hasil pencarian yang muncul untuk membuka halaman tersebut. Setelah itu, silahkan Anda klik pada opsi Firewall & Network Protection untuk membuka panel berikut.

Di sini Anda akan melihat status Firewall Windows Anda, dalam beberapa mode jaringan, yaitu:

  • Domain network
  • Private network
  • Public network

Salah satu dari mode tersebut pasti akan terlihat aktif (Active). Silahkan Anda pilih mode jaringan yang Anda sedang aktif tersebut, misalnya pada Public mode.

Di dalam halaman tersebut, Anda cukup mengklik switch Windows Defender Firewall yang berwarna biru (On), menjadi warna abu-abu (Off). Begitu pula caranya kalau Anda ingin mengubah mode Firewall pada mode jaringan yang lainnya.

Untuk kembali mengaktifkannya, maka silahkan Anda buka lagi halaman Windows Security tersebut, lalu klik tombol Turn On.

  1. Melalui halaman Control Panel

Langkah pertama adalah dengan membuka halaman Control Panel > Windows Defender Firewall dan di panel kiri, silahkan Anda klik opsi Turn Windows Defender Firewall on or off, untuk membuka panel berikut.

Halaman selanjutnya, silahkan Anda lakukan perubahan sesuai yang Anda perlukan.

  1. Melalui Command Prompt (CMD)

Untuk mematikan dan mengaktifkan Windows Firewall, maka Anda bisa juga menggunakan perintah dari Command Prompt (CMD) pada Windows, seperti di bawah ini:

  • Untuk mengaktifkan Windows Firewall pada semua profil jaringan

netsh advfirewall set allprofiles state on

  • Untuk mematikan Windows Firewall untuk semua profil jaringan

netsh advfirewall set allprofiles state off

  1. Melalui PowerShell

Masih menggunakan fitur CLI Windows, yaitu PowerShell. Di mana Anda bisa juga mematikan Firewall dengan perintah di PowerShell tersebut:

  • Untuk mengaktifkan Windows Firewall di semua mode profil jaringan

Set-NetFirewallProfile -Enabled True

  • Untuk menonaktifkan Windows Firewall di semua mode profil jaringan

Set-NetFirewallProfile -Enabled False

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan firewall di Windows 10. Kalau Anda memiliki pertanyaan pada artikel di atas, silahkan Anda sampaikan pada kolom komentar di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY