Saat kita berbicara mengenai taskbar, tentunya yang banyak diketahui adalah waktu, mulai dari jam dan tanggal. Lokasi tersebut biasanya lebih dikenal dengan nama tray icon. Tapi, bisanya tray icon ini juga banyak diakses saat Anda menggunakan Flashdisk atau pun media eksternal lainnya.

Nah, pada Windows 10 ini, tray icon itu lebih banyak digunakan untuk mengakses kalender. Di mana kalender pada Windows 10 memang lebih banyak dipakai untuk menyimpan setiap event atau pun pengingat. Di samping itu pula, tray icon ini digunakan untuk menyematkan aplikasi-aplikasi favorit atau yang paling sering Anda akses saat menggunakan komputer.

Menampilkan hanya waktu pada tray icon di Windows 10

Sistem operasi Windows 10 sendiri memang lebih banyak digunakan untuk melakukan kostumisasi atau mengatur tampilan agar bisa terlihat lebih baik. Nah, pada tray icon Windows 10 tersebut pun bisa Anda lakukan kostumisasi sesuai dengan keinginan Anda. Salah satu kostumisasi yang akan Saya lakukan di sini adalah dengan hanya menampilkan waktu saja pada tray icon tersebut.

Proses ini sendiri sebenarnya tidak menghapus aplikasi, fitur atau pun ikon-ikon yang ada. Tapi, hanya menyembunyikan saja, sehingga nanti taskbar Anda terlihat lebih bersih dengan hanya sedikit ikon yang terlihat.

Kalau Anda ingin mencoba cara-caranya, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka menu Settings dari Start Menu atau bisa juga dengan menekan tombol Win + I pada keyboard. Setelah halaman Settings tersebut terbuka, silahkan Anda langsung menuju ke Personalization > Taskbar, dan aktifkan opsi yang bertuliskan Use small taskbar buttons.

  • Saat ukuran taskbar tersebut sudah berubah menjadi kecil, maka beberapa ikon yang biasanya muncul tersebut akan bergeser sehingga tidak tidak terlihat atau tersembuyi.

  • Bahkan, jika Anda mengubah posisi taskbar menjadi vertikal pun maka ikon-ikon tersebut akan tetap tersembunyi, dan hanya menampilkan waktu saja di sana.
  • Kalau Anda ingin membuat ikon-ikon yang ada di sana lebih tidak terlihat lagi, maka langsung saja Anda matikan opsi pada Use small taskbar buttons
  • Setelah semua pengaturan tersebut selesai, pastikan Anda juga memberikan tanda centang pada opsi yang bertuliskan Lock all taskbars.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyembunyikan ikon-ikon di taskbar (tray icon), dan hanya menampilkan waktu saja. Kalau Anda memiliki tambahan atau pun pertanyaan seputar artikel di atas, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY