Proses csrss.exe ini bisa Anda lihat langsung pada halaman task manager di komputer Windows Anda. File csrss.exe ini tentu akan dengan mudah Anda temukan pada semua versi dari Windows, termasuk pada Windows 10 saat ini. Ini termasuk dalam salah satu file Client Server Runtime, dan ini adalah file sistem operasi Windows yang letaknya ini berada pada folder System32.

Pertanyaannya adalah file apakah csrss.exe ini? Bagaimana caranya Anda tahu kalau itu adalah virus atau bukan? Kenapa proses ini mengkonsumsi cukup banyak penggunaan CPU pada sistem operasi Windows 10/8/7?

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, maka Anda bisa mengikuti penjelasan singkatnya di bawah ini.

Apa itu Client Server Runtime atau proses csrss.exe?

Proses Client Server Runtime ini sendiri memang sudah memiliki sejarah panjang. Sebelum tahun 1996, proses tersebut sudah mengelola seluruh subsistem grafis, sementara saat ini, sudah dibatasi untuk beberapa proses penting seperti mematikan Windows, dan memulai konsol Windows saja.

CSRSS adalah singkatan dari client/server run-time subsistem dan harus dijalankan setiap saat. Sebelumnya Client Server Runtime akan menarik Command Prompt, tapi, sejak Windows 7 diluncurkan, fungsi pada proses ini terbatas untuk meluncurkan proses conhost.exe yang pada gilirannya inilah yang akan menarik Command Prompt.

Bisakah kita menghentikan proses csrss.exe tersebut?

Proses Client Server Runtime memiliki fungsionalitas terbatas untuk sistem Windows pada saat ini. Walaupun, fungsionalitas tersebut memang terbilang terbatas tapi itu cukup penting juga. Anda tidak dapat mematikan proses dan melakukannya secara paksa. Karena, ini akan membuat sistem tidak dapat digunakan. Sehingga komputer Anda pun akan dimatikan (Shutdown) secara otomatis.

Apakah csrss.exe virus?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kalau csrss.exe ini termasuk salah satu file penting yang ada pada sistem operasi Windows. Jadi, kalau Anda menganggap ini adalah virus, tentu jawaban adalah ‘bukan’! Letak dari file ini ada di folder C:\Windows\System32.

Kalau memang Anda mendapati file itu tidak ada pada folder tersebut, maka itu bisa saja termasuk dalam golongan virus. Untuk memastikannya, maka Anda bisa menjalankan anti-virus yang telah terinstall atau menjadi bawaan dari komputer Windows Anda tersebut. Di samping itu pula, Anda bisa membuka file tersebut melalui proses di Task Manager. Cukup dengan mengklik kanan pada file tersebut, lalu Anda bisa memilih opsi Open file location. Kalau lokasi file tersebut sesuai (C:\Windows\System32), maka Anda tidak perlu khawatir.

Tapi, kalau file tersebut menggunakan CPU yang tinggi pada prosesnya, kemungkinan itu sudah terjangkit oleh virus.

Akhir kata

Itulah sedikit penjelasan mengenai file csrss.exe yang ada pada semua sistem operasi Windows yang berjalan pada task manager.

Semoga artikel di atas bisa membantu dalam menambah wawasan Anda mengenai file system di komputer Windows.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY