Saat proses instalasi Windows 10 dan terjadi macet, maka ini tentunya menjadi masalah. Apalagi kalau prosesnya sudah berjalan dan hardisk sudah diformat. Ada banyak sekali skenario di mana proses instalasi Windows 10 ini menjadi terhambat atau macet. Untuk itu, pada artikel kali ini, Saya akan mencoba memaparkan beberapa hasil temuan masalah tersebut beserta dengan penyelesaian sederhananya.

Instalasi Windows 10 berhenti saat proses sedang berjalan

Untuk Anda yang ingin menghindari masalah seperti ini saat menginstall Windows 10, agar tidak repot nantinya, maka sebaiknya Anda menyiapkan backup dari sistem operasi Anda sebelum. Anda bisa menggunakan software Ghost atau lainnya untuk melakukan backup sistem operasi.

Gambar 1

Kenapa saat proses install Windows 10 bisa stuck atau macet? Untuk mengetahui hal yang pastinya memang cukup kompleks. Pada proses penginstalan Windows 10 terdapat beberapa tahapan, biasanya, masalah ini terjadi saat berpindah ke tahap berikutnya. Bisa jadi karena, file instalasi yang rusak (corrupt), hardware komputer dengan spesifikasi rendah, listrik yang tiba-tiba mati, dan banyak lagi hal lainnya.

Di bawah ini Saya memiliki 8 skenario masalah yang pernah saya ditemui saat proses penginstalan Windows 10. Tidak hanya masalahnya saja, Saya juga akan memberikan Anda solusi sederhana dalam mengatasi masalah-masalah tersebut.

1. Instalasi Windows 10 gagal saat masih Setup is starting

Kemungkinan penyebab masalah ini, yaitu file sistem operasi mengalami kerusakan. Anda bisa mencoba mendownload file ISO dari Windows 10 kembali. Anda sebaiknya menyiapkan 2 metode, yaitu instalasi melalui Flashdisk dan juga DVD sebagai backup jika memang salah satunya ada yang gagal.

2. Instalasi Windows 10 gagal ditahapan Ready to Install

Saat proses instalasi sudah akan berjalan, maka Anda akan melewati tahapan Ready to install. Kalau ternyata tombol Install tidak bisa diklik atau tidak muncul, maka ini tentunya terjadi masalah. Jika memang Anda menemukan masalah seperti ini, sebaiknya Anda kembali dulu mengecek satu persatu opsi yang Anda pilih. Di samping itu pula, Anda bisa mencabut koneksi internet ke komputer Anda kalau memang sedang terhubung (WiFi/Ethernet).

3. Instalasi Windows 10 gagal saat ingin memasukkan akun Microsoft

Untuk proses ini sebenarnya Anda tidak perlu mengukuti atau cukup melakukan proses skip saja. Anda bisa membuat akun lokal saja di awal, yang nantinya bisa dikonversi menjadi link dari akun Microsoft Anda.

4. Instalasi Windows 10 terjebak pada logo

Hal ini mungkin banyak dialami oleh Anda yang sering menginstal Windows 10. Di mana setelah proses restart, dan komputer Anda hanya akan menampilkan logo Windows 10 saja tanpa ada tanda-tanda lain yang memperlihatkan kalau komputer sedang loading atau tidak. Kalau ini terjadi pada komputer Anda, maka coba Anda lakukan restart, setelah itu silahkan Anda masuk ke dalam Safe Mode atau Advanced Startup Options untuk melakukan troubleshoot atau menggunakan System Restore.

5. Instalasi Windows 10 terjebak pada halaman Getting ready

Kalau masalah ini sampai terjadi, maka Anda tentunya tidak dapat melakukan hal yang banyak kecuali, meluangkan waktu untuk menunggu sedikit lebih lama. Waktunya ini bisa saja dalam hitungan jam, setelah itu silahkan Anda lakukan restart secara paksa (manual). Jika masih terjadi hal serupa, maka lakukan proses instalasi dari awal lagi.

6. Instalasi Windows 10 gagal saat di halaman Getting files ready

Pada halaman ini memang kadang komputer mengalami stuck atau tidak ada pergerakan dalam waktu yang lama, sehingga dianggap error. Tapi, kalau memang tidak ada kenaikan persentase loading, maka kemungkinan ada masalah pada hardware komputer, baik itu hardisk atau pun flashdisk dan DVDROM yang Anda gunakan untuk proses instalasi Windows 10 ini. Salah satu cara melanjutkan proses instalasinya adalah dengan mengganti salah satu perangkat tersebut. Misalnya masalahnya ada pada flashdisk, maka Anda bisa menggantinya dengan flashdisk yang baru, kemudian copy kembali semua file instalasi Windows 10 ISO ke dalamnya.

7. Instalasi Windows 10 terjebak atau hanya menampilkan layar biru saja

Masalah ini terkadang ada pada BIOS komputer Anda. Kemungkinan file Windows 10 yang Anda gunakan tersebut membutuhkan UEFI atau bukan BIOS standar. Untuk itu, pastikan Anda memeriksa konfigurasi dari BIOS Anda sebelum melakukan proses instalasi Windows 10 tersebut, dengan cara sebagai berikut:

  • Restart komputer dan terus tekan tombol F2/Del pada keyboar saat proses booting, untuk bisa masuk ke dalam halaman BIOS komputer.
  • Selanjutnya, silahkan Anda menuju ke tab Secutiry dan pilih Secure boot, lalu beralih ke mode UEFI.
  • Setelah itu, silahkan Anda simpan perubahan dengan menekan tombol F10 dan komputer restart dengan sendirinya.

8. Instalasi Windows 10 terjebak saat di halaman Preparing Windows Screen

Halaman ini sendiri nantinya akan muncul setelah Windows 10 melewati tahap update. Hal ini berarti Windows sedang dalam proses konfigurasi dan menunggu beberapa file lagi untuk diload untuk bisa menggunakan komputer Windows 10 Anda yang baru. Proses perbaikan bisa Anda lakukan melalui booting ke Safe Mode. Setelah itu, Anda bisa menggunakan perintah SFC untuk pengecekan dan perbaikan file system.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa masalah yang kadang ditemui saat melakukan proses instalasi atau pun upgrade ke Windows 10, beserta dengan solusi sederhananya. Kalau Anda memiliki pendapat atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami persiapkan di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY