Salah satu software yang paling banyak digunakan untuk komputer adalah Microsoft Office. Software besutan Microsoft ini memang sangatlah membantu dalam dunia kerja atau pun pelajar untuk tugas-tugasnya. Membuat dokumen pun jauh lebih cepat dan mudah untuk dikerjakan, serta bisa memberikan penambahan gambar sebagai info grafis, pembuatan tabel dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Microsoft Office ini sendiri menyertakan berbagai software di dalamnya, seperti Word untuk pembuatan dokumen, Excel untuk pembuatan tabel dan perhitungan, PowerPoint untuk presentasi, dan lainnya. Sehingga, memang sangat komplit untuk software perkantoran atau tugas pelajar.

Microsoft Office Not Responding di Windows

Walaupun memang software ini memiliki banyak sekali fitur yang membantu, tapi beberapa dari pengguna ternyata sempat mengeluhkan adanya berbagai masalah pada Microsoft Office yang mereka gunakan. Di mana software tersebut mengalami ‘Not responding’ saat ingin dibuka. Yang paling menjengkelkan kalau ini terjadi saat kita sedang mengerjakan dokumen atau tugas. Ini tentunya mengharuskan kita untuk menutup program tersebut. Alhasil, pekerjaan dokumen atau tugas yang kita buat pun bisa hilang kalau sebelumnya tidak disimpan (Save).

Untuk itu, ada baiknya Anda mengaktifkan mode auto save, untuk menjaga kalau-kalau terjadi hal seperti ini. Selain itu, Saya juga memiliki beberapa cara untuk mengatasi masalah Not responding yang terjadi pada Microsoft Office ini.

Cara mengatasi masalah Not Responding Microsoft Office di Windows

Untuk Anda yang memang sering mengalami masalah seperti ini, maka di bawah ini Saya memiliki beberapa metode yang bisa membantu mengatasi masalah Not Responding Microsoft Office tersebut.

Metode 1: Nonaktifkan semua Add-in

Add-in sendiri merupakan salah satu fitur pada Microsoft Office yang bisa Anda tambahkan untuk mempermudah pekerjaan Anda. Ada beberapa add-in yang biasanya digunakan, save as PDF, dan lainnya. Add-in dari pihak ketiga seperti ini memang biasanya mengalami ketidakcocokan dengan Microsoft Office, apalagi kalau Anda mengatifkan fitur auto update pada Windows.

Untuk itu, cara pertama yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan menonaktifkan semua add-in pihak ketiga tersebut dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Silhkan Anda klik pada menu File yang ada pada bagian atas, lalu klik pada menu Options. Setelah Options tersebut, silahkan Anda klik tab Add-in.
  • Klik tombol “Go”, dan pastikan menunya mengarah pada Manage: Com-in Add.
  • Jika sebuah halaman baru terbuka, silahkan Anda hilangkan semua tanda centang yang ada pada masing-masing add-in tersebut. Jika sudah, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Metode 2: Gunakan MS Office Recovery

Pihak Microsoft sendiri memang sudah menambahkan fitur yang bernama Recovery Office pada softwarenya tersebut. Sehingga, jika sewaktu-waktu terjadi hal seperti ini, Anda bisa mengguakan fitur tersebut. Untuk itu, fitur tersebut bisa juga kita coba untuk mengatasi masalah tersebut dengan langkah-langkah seperti di bawah ini.

  • Tekan tombol Start > All Programs > Microsoft Office Tools > dan Anda akan menemukan -MS Office Application Recovery.
  • Sekarang, pilih dokumen yang tadinya mengalami Not responding tersebut.
  • Klik pada tombol “Recover Application”, dan Anda pun akan melihat dokumen yang mengalami Not responding tersebut kembali seperti semula.

Metode 3: Lindungi sistem Anda dari virus berbahaya atau malware

Kemungkinan masalah tersebut terjadi karena adanya kesalahan pada sistem atau pun file pada Microsoft Office, yang disebabkan oleh gangguan virus atau malware. Pada sistem operasi Windows sendiri, sebenarnya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan untuk menangkal serangan virus atau pun malware tersebut. Sistem keamanan ini bernama Windows Defender, yang pada Windows 10 akan secara otomatis aktif.

Tapi, kalau menurut Anda Windows defender ini belum cukup untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda bisa menggunakan antivirus dari pihak ketiga, seperti AVG, Kaspersky dan lainnya. Silahkan Anda membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul, cara agar komputer kebal dari serangan virus.

Metode 4: Hindari lonjakan daya tak terduga ke sistem Anda         

Tidak hanya dari segi software saja masalah Not Responding ini bisa terjadi. Masalah sepert ini pun kerap kali disebabkan oleh lonjakan daya listrik. Saat terjadi lonjakan daya yang tidak diduga tersebut, maka ada kemungkinan besar pekerjaan yang Anda lakukan di komputer termasuk pada Microsoft Office tersebut akan hlang. Untuk itu, pastikan komputer Anda aman dari lonjakan daya seperti itu, dengan memasangkan stabilizer dan UPS.

Metode 5: Jangan pernah menutup dokumen tanpa menyimpan

Cara yang kelima ini tentunay harus selalu Anda waspadai. Pasalnya, tidak sedikit dari para pengguna komputer selalu melupakan hal yang satu ini. Karena, kalau Anda sampai lupa menyimpan dan ternyata Anda secara tidak sengaja menutup dokumen yang sedang dikerjakan atau pun komputer mati secara tiba-tiba, maka ini tentunya akan menyebabkan Anda kehilangan data. Untuk itulah, fungsi autosave sebaiknya selalu Anda aktifkan untuk menjaga agar tidak terjadi masalah seperti ini.

Metode 6: Ada driver yang tidak kompatibel

Driver adalah sebuah software yang menghubungkan sistem operasi dengan hardware, dan juga mengontrol kinerja hardware tersebut. Driver ini sendiri memang bisa mengalami update dari pihak vendornya. Untuk itu, Anda harus rajin melakukan pengecekan update driver tersebut melalui situs resmi vendor. Tidak hanya driver saja, tapi untuk sistem operasi Windows pun harus Anda perhatikan status updatenya.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi masalah Not responding pada Microsoft Office jika sewaktu-waktu terjadi kepada Anda. Sehingga, Anda bisa tetap waspada terhadap data-data yang penting yang sedang Anda kerjakan, agar tidak hilang atau rusak.

Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY