Komputer memang menjadi perangkat yang berhasil merevolusi dunia saat ini. Di mana hal ini berkembang pesat sejak kemunculan komputer pribadi atau dikenal dengan PC. Kemudian PC ini pun dibuat menjadi bentuk yang portabel, yang lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana yang kita kenal dengan nama laptop. Dan, sekarang ini, komputer bahkan ada sudah berukuran smartphone.

Bisa dikatakan, kita sudah tidak bisa lagi lepas dengan penggunaan komputer saat ini. Mulai dari anak kecil, hingga pekerja kantoran yang memang lebih banyak berinteraksi di depan komputer. Kemunculan awal dari komputer adalah untuk memecahkan permasalahan dasar. Tapi, seiring berjalannya waktu, komputer pun sudah sangat berkembang, hingga menjadi peralatan hiburan dari usia anak-anak hingga orang tua.

Salah satu penggunaan komputer untuk dunia hiburan adalah game. Untuk memiliki sebuah komputer gaming, Anda tentunya memerlukan perangkat komputer dengan performa yang tinggi. Mulai dari motherboard, processor, RAM, VGA, hingga media penyimpanan (SSD). Namun, permasalahan pada komputer tentunya masih sering terjadi. Salah satunya itu adalah pada sistem, baik itu untuk software hardware atau pun sistem operasinya.

GeForce Experience Tidak bisa terbuka

Beberapa dari Anda para pengguna VGA atau perangkat nVidia, mungkin pernah mengalami masalah saat ini mengakses fitur atau software nVidia GeForce Experience. GeForce Experience ini sendiri merupakan software bawaan dari perangkat VGA nVidia seri GTX. Di mana di dalamnya terdapat berbagai macam fitur untuk menambah pengalaman penggunanya.

Kalau Anda termasuk pengguna GeForce Experience dan mengalami masalah serupa, maka kami memiliki tips untuk bisa memperbaikinya.

Penyebab GeForce Experience tidak bisa terbuka

Untuk penyebab pastinya sendiri memang belum dapat kami temukan. Tapi, beberapa pengguna yang mengalami masalah tersebut telah melaporkan gejala atau aktivitas yang dilakukannya sebelum masalah tersebut muncul, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Softwre yang diinstall rusak atau corrupt
  • Driver untuk perangkat GeForce belum diinstal
  • Adanya masalah pada hardware langsung

Tips memperbaiki GeForce Experience yang tidak bisa terbuka

Dengan mengetahui beberapa penyebab di atas, tentunya kita dengan mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, silahkan Anda ikuti beberapa tips perbaikannya di bawah ini:

Metode 1: Mengaktifkan service dari GeForce Experience

Service dari GeForce Experience memiliki tugas untuk menjalankan program GeForce tersebut di komputer. Jadi, kalau memang GeForce Experience tidak bisa terbuka, maka kemungkinan service dari GeForce tersebut tidak aktif.

Untuk mengatifkan service GeForce Experience, silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka menu RUN.
  • Ketik services.msc pada kolom RUN tersebut untuk membuka halaman Windows Services.
  • Di halaman Services, silahkan Anda cari GeForce Experience Services.
  • Klik kanan pada services tersebut dan pilih opsi Restart.
  • Kemudian, silahkan Anda restart komputer dan buka kembali aplikasi GeForce Experience tersebut.

Metode 2: Cek driver VGA

Driver merupakan software yang memperkenalkan hardware dengan sistem operasi. Sehingga, sistem operasi bisa mengontrol penggunaan hardware dengan lebih maksimal. Di samping itu pula, driver yang belum terinstall tentunya tidak akan membuat software dari hardware tersebut berfungsi. Untuk itu, coba Anda cek driver VGA apakah sudah terinstall atau belum.

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka kolom RUN kembali.
  • Ketikkan devmgmt.msc untuk membuka halaman Device Manager.
  • Klik pada Display Adapters dan kemudian klik nama driver (GeForce seri).
  • Klik kanan driver, dan pilih opsi Uninstall.
  • Setelah itu, silahkan Anda buka situs resmi GeForce dan download driver versi terbaru, sesuai dengan tipe dan seri VGA Anda.
  • Kemudian, instal driver yang telah Anda download tersebut.

Metode 3: Update Sistem Operasi

Selain driver VGA, Anda juga perlu mengecek update dari sistem operasi Windows 10 yang Anda gunakan. Pasalnya, ada beberapa update driver yang memang tidak cocok dengan sistem operasi yang belum terupdate juga. Untuk solusinya Anda hanya memiliki 2 opsi, yaitu sebagai berikut:

  1. Opsi pertama adalah silahkan Anda update sistem operasi Windows dengan versi yang terbaru. Silahkan Anda baca artikel sebelumnya yang berjudul, cara update Windows 10 di komputer.
  • Opsi kedua adalah menghapus atau uninstall versi driver yang terbaru, lalu install yang versi sebelumnya.

Tapi, kalau Anda sudah melakukan update sistem operasi, sebaiknya Anda juga melakukan update driver untuk mencegah masalah seperti ini muncul kembali.

Metode 4: Periksa pada hardwarenya langsung

Karena driver berhubungan langsung dengan hardware, maka kemungkinan ada masalah juga dengan hardware tersebut. Bisa saja, driver yang Anda gunakan ternyata tidak kompatibel dengan hardware (VGA). Anda bisa mulai dengan mengecek bagian kabel power VGA, kipas atau sistem pendingin yang masih berfungsi atau tidak, slot yang digunakan apakah sudah sesuai, dan juga pengecekan terhadap hardware lainnya yang berkaitan. Anda pun bisa mencoba menggunakan VGA lainnya sebagai pembanding dengan VGA yang Anda gunakan tersebut..

Metode 5: Nonaktifkan Antivirus

Antivirus pada komputer memang bisa dikatakan cukup membantu dalam menghalau serangan software yang bisa menyebabkan masalah pada sistem hingga hardware. Akan tetapi, terkadang antivirus ini bisa bertindak juga sebagai virus yang membuat masalah pada sistem, jika mendapatkan file yang tidak sesuai dengan persyaratannya.

Untuk itu, Anda bisa mencoba menonaktifkan antivirus sementara waktu, lalu jalankan GeForce Experience kembali untuk melihat respon. Kalau memang GeForce Experience bisa berjalan tanpa antivirus, maka Anda hapus antivirus tersebut dan install antivirus yang lain yang kompatibel dengan GeForce Experience atau sistem komputer Anda.

Metode 6: Instal ulang GeForce Experience

Untuk metode yang keenam ini sudah pernah Saya coba lakukan dan memang berhasil. Di mana Anda cukup uninstall dan install kembali dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka halaman website GeForce Experience, lalu download versi terbaru sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.
  • Setelah itu, silahkan Anda uninstall software nVidia GeForce Experience sebelumnya hingga bersih, melalui Control Panel > Programs & Featured, lalu cari NVIDIA GeForce Experience dari daftar. Klik kanan pada software tersebut dan pilih opsi Uninstall.
  • Restart komputer Anda setelah uninstall selesai, dan install GeForce Experience yang baru Anda download tadi.
  • Jika sudah terinstall, coba Anda buka software GeForce Experience tersebut.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah GeForce Experience yang tidak bisa terbuka di Windows 10. Kalau Anda memiliki saran lain yang sudah berhasil, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Semoga berhasil.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY