Suatu program memang menjadi hal yang penting untuk para pengguna komputer. Dengan adanya program, kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat. Hanya saja, terkadang beberapa program tersebut mengalami error saat dibuka, seperti Stopped Working.

Cara mengatasi program yang Stopped Working di Windows 7

Masalah program yang Stopped Working ini biasanya terjadi pada program yang tidak kompatibel terhadap sistem operasi Windows yang digunakan, misalnya pada Windows 7. Dan, untuk mengatasinya itu bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan membuka program yang mengalami Stopped Working tersebut. Tapi, program tersebut harus Anda buka melalui lokasi instalasinya, bukan dari shortcut yang ada di desktop ya! Misalnya saja, pada contoh yang akan Saya berikan di sini adalah program Photoshop yang lokasi instalasinya itu berada di C:\Program Files.

  • Di dalam folder instalasi program tersebut, silahkan Anda cari file asli programnya yang biasanya ditandai dengan ekstensi file .exe, misalnya exe. Kalau sudah menemukannya, silahkan Anda klik kanan pada program tersebut, dan pilih opsi Properties. Di dalam jendela Properties tersebut, silahkan Anda masuk ke dalam tab Compatibility. Kemudian, berikan tanda centang pada opsi yang bertuliskan Run this program in compatibility mode for:. Nah, pada bagian bawahnya itu terdapat opsi drop down yang memberikan Anda pilihan sistem operasi Windows. Kalau ternyata Program tersebut Anda jalankan di Windows dan Stopped Working, maka silahkan Anda pilih sistem operasi yang lebih lawan, seperti Windows XP (service pack 3 atau service pack 2).

  • Kalau pada opsi tersebut Anda sudah selesai pengaturannya, maka silahkan Anda klik tombol Apply dan Ok. Selanjutnya, Anda cukup klik kanan pada My Computer dan pilih opsi Properties, lalu masuk lagi ke dalam bagian Advance System Setting.

  • Jika Anda sudah berada dalam menu Advance System Setting, silahkan Anda langsung klik tombol Setting untuk tab Jika sudah masuk dalam menu tersebut, silahkan Anda klik pada bagian Data Execution Prevention.

  • Di langkah terakhir yang akan kita lakukan untuk mengatasi program yang stopped working tersebut, saat Anda berada di tab Data Execution Prevention tersebut, silahkan Anda pilih pada opsi yang bertuliskan Turn On Dep, dan klik tombol Add. Kemudian, silahkan Anda cari program yang error tersebut yang ada di drive C:\Program Files. Jika sudah menemukan programnya, silahkan Anda klik satu kali untuk menambahkannya, dan klik tombol Ok. Untuk menerapkan pengaturan tersebut, maka Anda perlu melakukan restart pad komputer Anda.

  • Jika komputer sudah kembali aktif dan sudah login ke dalam Windows, maka silahkan Anda langsung buka program yang sebelumnya Stopped Working tersebut, apakah program tersebut masih mengalami masalah yang sama atau sudah bisa berjalan lancar.

Penutup

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi program yang stopped working di Windows 7. Kalau Anda ingin bertanya atau memberikan tambahan pada langkah-langkah di atas, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar ya!

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY