Sebelum kita memulai untuk cara ini, ada baiknya Anda memastikan terlebih dulu kalau Windows 10 yang Anda miliki itu sudah diupdate ke versi terbaru saat ini (Windows 10 v1809). Karena, memang fitur-fitur untuk cara ini hanya terdapat pada update terbaru tersebut. Di samping itu pula, perangkat Anda harus terhubung dengan fitur IT dan mendukung sistem Azure Active Directory.

Kalau memang perangkat Windows 10 Anda sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka Anda bisa menggunakan 3 cara login dengan mudah di Windows 10 berikut ini.

3 Cara baru dan mudah untuk login ke Windows 10

Meskipun sebagian besar dari kita akrab dengan cara biasa untuk login ke Windows 10, tapi cara ini akan memberikan pengalaman terbaru untuk Anda. Cara-caranya itu adalah sebagai berikut:

  1. Mengaktifkan fitur login web

Sampai saat ini, fitur Windows logon masih mendukung penggunaan identitas atau layanan lainnya yang mendukug protokol WS-Fed. Maka dari itu, pada Windows 10 v1809, Microsoft akhirnya memperkenalkan fitur Web Sign-in. Ini bekerja atau lebih tepatnya memungkinkan dukungan logon Windows untuk penyedia non-ADFS federated.

Kalau PC Windows 10 Anda ini merupakan bagian dari Azure AD yang bergabung dengan PC, maka Anda pun pastinya akan memiliki ikon ekstra di layar Login Anda yang terlihat seperti Globe. Fitur Ini akan aktifkan saat administrator atau IT Pro mengaktifkan Web Sign-in. Pilihan ini tersedia dalam Kebijakan CSP atau penyedia layanan konfigurasi Kebijakan. Anda dapat menemukannya di bawah Policy CSP > Authentication > EnableWebSignIn.

Jadi, kalau memang perusahaan atau kantor Anda sudah mengaktifkan fitur ini, maka Anda pun akan memiliki tambahan opsi login, yaitu melalui websign tersebut.

  1. Aktifkan fitur Faster sign-in untuk PC Shared

Sama seperti namanya, di mana fitur ini hanya bisa diaktifkan untuk Anda yang menggunakan PC Windows 10 yang dishare (PC shared). Fitur ini pun hanya bisa diaktifkan oleh Administrator, dengan masuk ke menu CSP> Otentikasi> AktifkanFastFirstSignIn.

  1. Login ke Remote Desktop dengan Biometrics

Untuk fitur yang satu ini sangat cocok untuk Anda para pengguna Windows Hello for Business. Di mana sudah bisa menggunakan Biometrics untuk melakukan otentifikasi PC dari jarak jauh. Anda pun tidak perlu lagi menggunakan password apa pun. Karena fitur Biometriks ini cukup menggunakan fingerprint dan sensor wajah saja sudah cukup. Fitur ini pun tentunya bisa bekerja dengan layanan Azure Active Directory dan Active Directory.

Untuk Anda yang menggunakan perangkat Windows 10 dengan fitur Windows Hello for Business, maka Anda cuukup membuka fitur Remote Desktop Connection tersebut, lalu ketikkan nama komputer dan klik pada tombol Connect. Dan dalam waktu singkat, Anda pun bisa langsung login ke PC Anda tersebut tentunya dengan bantuan internet. Cara ini sangatlah cocok untuk Anda yang sering bepergian keluar kota untuk melakukan presentasi. Sehingga, Anda bisa menjalankan file presentasi tersebut melalui komputer Anda di rumah, tanpa perlu membawa filenya ke mana-mana.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY