Task Manager yang ada pada sistem operasi Windows memang merupakan tool yang sangatlah berguna. Pada sistem operasi Windows 10 ini, Task Manager tersebut sudah mendapatkan upgrade yang lebih baik lagi. Di mana terdapat beberapa penambahan fitur, yang mempermudah para pengguna melakukan konfigurasi pada sistem.

Tips dan Trik Menggunakan Task Manager di Windows 10

Task Manager ini dikenal dengan fungsinya untuk mematikan proses dari aplikasi atau software yang sedang berjalan. Akan tetapi, fungsi dari Task Manger ini sendiri tidak hanya itu saja loh! Task Manager ini sendiri bahkan memiliki puluhan fungsi yang bisa membantu para penggunanya.

Nah, pada artikel kali ini, Saya akan membagikan tips dan trik menggunakan Task Manager yang ada di sistem operasi Windows 10 ini.

1. Membuka Task Manager dalam 5 cara yang berbeda

  • Metode 1: Tekan tombol CTRL + ALT + DELETE bersamaan, dan Anda akan melihat halaman lock screen terbuka. Dari daftar menu yang ada di halaman Lock Screen ini, Anda akan melihat nama Task Manager yang ada di bawah.
  • Metode 2: Menekan tombol CTRL + SHIFT + ESCAPE bersamaan, yang akan secara instan membuka task manager untuk Anda.
  • Metode 3: Klik kanan pada ruang kosong di taskbar windows, kemudian pilih Task Manager dari daftar menu yang muncul.
  • Metode 4: Klik kanan pada Ikon Windows, lalu klik pada menu Task Manager dari daftar yang muncul.
  • Metode 5: Tekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketikkan taskmgr di kolom RUN tersebut.

2. Menganalisa aplikasi yang hang

Pada umumnya, Task Manager ini kita buka untuk mematikan proses yang sedang hang atau not responing. Akan tetapi, sebelum Anda mematikan proses tersebut, Anda bisa menganalisa program atau aplikasi tersebut, unuk nantinya bisa memastikan apakah kita harus menunggu aplikasi tersebut berjalan atau memang harus menghentikan prosesnya. Caranya itu adalah dengan membuka Task Manager dengan langkah-langkah di atas, lalu klik pada tab Details. Kemudian, silahkan Anda cari nama proses dari program yang not responding tersebut, dan pilih opsi Analyze wait chain. Ini akan menampilkan proses yang sedang menunggu resource pada komputer Anda yang sedang digunakan oleh proses (aplikasi) lainnya. Dengan melihat hasil Analyze wait chain ini, maka Anda pun bisa memutuskan, apakah memang harus menghentikan aplikasi tersebut atau menunggu sampai dia mendapatkan resource yang dibutuhkan.

3. Restart Windows Explorer

Salah satu fitur yang sering mengalami not responding atau hang di sistem operasi Windows ini adalah Explorer. Padahal, fitur ini sangatlah penting untuk mempermudah kita dalam mengakses data-data dan program lain di dalam komputer Windows loh! Nah, kalau Windows Explorer ini sendiri mengalami masalah, tentu Anda akan bingung bagaimana cara mengakses data-data Anda. Untuk itu, metode kedua mengenai cara membuka Task Manager di Windows 10 yang ada di tips pertama di atas bisa Anda gunakan. Dari halaman Task Manager ini, Anda bisa melakukan restart pada Windwos Explorer untuk membuat fitur tersebut kembali bekerja dengan lancar dan baik.

4. Mencari info proses langsung secara online

Dari halaman Task Manager ini, Anda pasti bisa melihat banyak sekali proses yang berjalan. Kalau Anda memang tidak tahu ini proses apa? itu proses apa? maka Anda bisa mencari tahu info dari proses tersebut langsung secara online. Caranya itu, cukup dengan mengklik kanan dari proses tersebut, lalu pilih pada opsi Search Online.

5. Melihat jumlah resource yang digunakan sebuah aplikasi

Anda bisa mudah melihat persentase jumlah dari resource yang digunakan oleh sebuah aplikasi di Windows 10 Anda, pada halaman Task Manager ini. Anda cukup mengklik kanan pada proses tersebut, lalu pilih Resource Values, kemudian pilih Memory untuk melihat resource RAM yang terpakai, pilih Disk untuk melihat resource dari hardisk yang terpakai, dan pilih Network untuk melihat resource jaringan yang terpakai dari aplikasi tersebut.

6. Membuka kolom RUN

Task Manager ini sendiri sebenarnya bisa membantu untuk membuka semua aplikasi atau pun fitur yang ada di Windows Anda. Salah satunya itu adalah kolom RUN. Anda cukup menngklik tab File, lalu pilih Run new task. Selanjutnya, silahkan Anda ketikkan program atau fitur yang ingin Anda buka.

7. Membuka Command Prompt (CMD) dalam mode Admin

Membuka halaman CMD dalam mode Admin pun bisa Anda lakukan di Task Manager. Cukup mengklik tab File, lalu tekan tombol CTRL pada keyboard sambil klik Run new task. Ini akan langsung membuka halaman CMD sebagai Admin.

8. Menganalisa performance komputer

Terdapat tab yang bernama Performance pada Task Manager ini. Ini fungsinya untuk melihat seberapa besar resource dari hardware komputer Anda yang terpakai.

9. History aplikasi

Terdapat juga tab yang bernama App History, yang bisa membantu Anda untuk melihat program atau aplikasi apa saja yang sudah terbuka di komputer Windows 10 Anda tersebut. Anda pun bisa menghapus semua History tersebut dengan mengklik pada link yang bertuliskan Delete usage history pada bagian bawah tab.

10. Mengatur startup

Kalau pada sistem operasi Windows 7 ke bawah, pengelolaan halaman Startup ini berada pada halaman System Configuration. Tapi, pada sistem operasi Windows 10 ini, fitur pengelola halaman Startup sudah dipindahkan ke Task Manager. Jadi, Anda bisa dengan mudah untuk mengatur aplikasi atau program apa saja yang perlu untuk Anda jalankan saat komputer sudah menyalan.

Akhir kata

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, maka silahkan Anda tinggalkan komentar pada kolom yang telah kami siapkan di bawah.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY