Kelebihan dan kekurangan Android yang diroot sudah pernah Saya jelaskan pada beberapa artikel sebelumnya. Jadi, sebelum Anda melakukan root pada perangkat Android Anda, itu berarti Anda sudah memahami hal tersebut. Melakukan root pada hp Android pun caranya sangatlah mudah. Kalau Anda belum tahu, maka silahkan Anda cek artikel Saya sebelumnya yang berjudul “cara root hp Android“.

Nah, berbicara mengenai root pada hp Android, maka di bawah ini ada 10 daftar aplikasi Android terbaik yang sebaiknya Anda install pada hp Android Anda yang sudah diroot.

1. Adblock Plus (ABP)

Aplikasi pertama ini pasti merupakan aplikasi yang paling disukai oleh banyak user Android. Apalagi untuk Anda para pecinta aplikasi gratisan yang memang akan selalu memunculkan game saat dibuka. Nah, dengan adanya aplikasi Adblock Plus ini, maka Anda pastinya tidak akan pernah lagi melihat iklan-iklan yang bermunculan di dalam aplikasi gratisan Anda tersebut. Dan, sebaliknya para developer game, aplikasi, atau pun pemilik website biasanya akan jengkel dengan aplikasi ini. Hebatnya lagi aplikasi ini termasuk aplikasi Open Source.

Aplikasi sudah diberikan konfigurasi agar beberapa iklan yang ada pada aplikasi atau website tersebut tidaklah muncul. Akan tetapi, untuk iklan yang tidak terlalu mencolok masih bisa muncul kok. Dengan adanya halaman konfigurasi untuk aplikasi Adblock Plus ini, maka akan memudahkan Anda untuk melakukan pengaturannya. Karena, aplikasi ini termasuk aplikasi memerlukan root sehingga terlarang pada halaman Google Play Store, maka pastinya Anda tidak akan bisa menemukannya di dalam aplikasi tersebut. Tapi, ada banya kok situs dan Play Store lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari aplikasi Adblock Plus ini.

2. FlashFire

Aplikasi yang berikutnya ini bernama Flashfire yang memungkinkan Anda untuk bisa melakukan flash firmware pada perangkat Android Anda dengan mudah. Bahkan, firmware bawaan dari produsen, update OTA, dan lainnya bisa juga dilakukan oleh aplikasi ini. Flashfire ini pun sering disamakan dengan aplikasia yang bernama Mobile Odin. Walaupun memang terdapat banyak kesamaannya, akan tetapi untuk cara kerjanya, Flashfire ini masih lebih efektif.

Di dalam aplikasi Flashfire ini pun terdapat berbagai fungsi lainnya. Beberapa fungsi dari aplikasi ini sebenarnya harus memerlukan versi pro juga. Akan tetapi, harga yang bisa Anda bayarkan untuk mendapatkan versi pro-nya ini hanyalah sekitar Rp. 42 ribuan saja kok.

3. Link2SD

Aplikasi root untuk perangkat Android selanjutnya ini sudah pasti sudah cukup Anda kenal, yaitu Link2SD. Aplikasi ini memang termasuk aplikasi Android yang juga cukup banyak dicari dan digunakan untuk perangkat yang sudah diroot. Karena, aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk memindahkan aplikasi yang terinstall ke dalam memori eksternal, sehingga tidak membuat memori internal Anda menjadi sesak atau full. Hanya saja, untuk aplikasi yang sudah dipindahkan ke dalam perangkat memori eksternal Anda tersebut akan terasa lebih lambat lagi saat dibuka.

4. Quick Reboot

Aplikasi yang berikutnya ini pasti sangat bermanfaat juga untuk Anda para teknisi smartphone atau yang memang memiliki smartphone yang error. Karena, memang aplikasi ini bisa memudahkan Anda untuk melakukan boot kalau hp Android Anda ingin dilakukan recovery, atau pun ingin membuat bootloadernya. Hebatnya lagi, aplikasi ini juga bisa memudahkan Anda untuk melakukan Download Mode, khususnya untuk perangkat Samsung atau fastboot pada perangkat-perangkat tertentu lainnya. Aplikasi ini sendiri sangatlah sederhana dan juga cepat untuk diakses, sehingga sangat cocok untuk Anda gunakan di dalam perangkat Android Anda yang sudah diroot.

5. ROM Toolbox

Karena aplikasi ini menggunakan nama ROM, maka tentunya aplikasi ini sendiri akan lebih banyak bekerja pada bagian ROM Android Anda. Aplikasi ini termasuk aplikasi All-in-one yang bisa Anda manfaat untuk browser file, app manager, mengelola ROM, install font baru, dan banyak lagi kostumisasi ROM yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi ROM Toolbox ini. Bahkan, untuk beberapa perangkat Android khusus, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengubah animasi boot, tema, serta ikon yang ada di status bar. Akan tetapi, aplikasi ini belum mendapatkan update untuk semua perangkat Android, jadi hanya bisa berjalan untuk beberapa perangkat Android khusus saja.

6. Servicely

Aplikasi yang berikutnya ini bernama Servicely yang mempermudah Anda dalam mengontrol setiap service yang berjalan di background Android Anda. Aplikasi ini sendiri memungkinkan Anda untuk bisa melakukan berbagai sesuatunya seperti mencegah agar Facebook tidak bisa berjalan di bagian background, bahkan saat layar Anda mati. Jadi, Anda pun tidak akan lagi mendengar notifikasi dari Android Anda mengenai update dari aplikasi sosial media tersebut.

Hebatnylah lagi, aplikasi ini pun bisa membantu Anda seperti layaknya antivirus yang bisa menghentikan aplikasi nakal. Dengan adanya aplikasi Servicely ini, tentunya kinerja atau performa dari smartphone Android Anda pun pastinya akan menjadi lebih ringan lagi.

7. Solid Explorer

Kalau Anda memiliki file dalam bentuk zip atau rar di perangkat Android Anda, maka aplikasi Solid Explorer ini bisa membantu untuk melakukan ekstrak. Tapi, selain dari unzip tersebut, apikasi ini juga memiliki dukungan untuk cloud storage, serta melakukan copy paste lebih mudah lagi. Hebatnya lagi, bagi hp Android yang sudah diroot, maka Anda bisa dengan mudah mengaktifkan mode root pada aplikasi ini untuk mengakses file-file system Android Anda.

Aplikasi Solid Explorer ini sendiri ada 2 versi yaitu gratis dan juga berbayar. Untuk versi gratisnya tentunya akan dihiasi dengan berbagi iklan. Akan tetapi, Anda bisa mendapatkan versi berbayarnya ini dengan harga yang cukup murah, sehingga Anda pun tidak terganggung lagi dengan iklan.

8. SuperSU

Aplikasi yang satu ini tentunya sebagian besar sudah ada pada perangkat Android yang sudah diroot. Selain bisa mengakses berbagai file dan juga aplikasi root, aplikasi SuperSU ini juga memungkinkan Anda untuk menutup dan membuka akses root di Android Anda.

9. Titanium Backup

Nama dari aplikasi yang satu ini pastinya sudah cukup Anda kenal juga kan? Titanium Backup ini termasuk aplikasi root yang penting untuk Anda install setelah Anda melakukan root pada Android Anda. Karena, aplikasi ini bisa mempermudah Anda untuk melakukan berbagai hal yang mungkin sangat butuhkan di Android, seperti menghapus bloatware (aplikasi bawaan), menonaktifkan aplikasi, backup aplikasi dan juga data dari aplikasi tersebut. Inilah, makanya aplikasi ini termasuk aplikasi yang juga cukup penting untuk Anda install.

10. Xposed Framework

Untuk aplikasi yang terakhir ini pastinya sudah cukup banyak juga dikenal oleh para pengguna smartphone Android yang sering melakukan root. Pasalnya, aplikasi Xposed Framework ini memang memiliki segudang fungsi untuk perangkat smartphone Android Anda. Untuk user yang suka melakukan modifikasi pun pasti akan sangat menyukai aplikasi ini, karena memang memudahkannya untuk update ROM, UI, tweaking, dan lainnya. Bagi Anda yang suka bermain game, tapi suka pakai cheat, pasti juga sangat mengenal aplikasi yang satu ini.

Nah, itulah 10 aplikasi terbaik untuk perangkat Android yang sudah diroot. Jika aplikasi ini memang tidak terdapat di dalam halaman Google Play Store, maka silahkan Anda cari langsung di halaman pencarian Google.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY