Windos Defender pada Windows 10 ini merupakan sistem keamanan yang ditambahkan oleh Microsoft. Sistem keamanan ini sendiri terbilang cukup baik untuk menghindari resiko komputer Anda terjangkit virus atau malware. Hanya saja, fitur ini terbilang terlalu sensitif untuk semua file, apalagi untuk Anda yang kebanyakan menggunakan program bajakan yang dilengkapi dengan crack. Maka, Windows Defender ini pasti tidak akan menginjinkan Anda untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Nah, kalau memang Anda merasa kalau file tersebut tidaklah terlalu berbahaya untuk komputer Windows 10 Anda, maka Anda bisa mematifkan Windows Defender tersebut dengan dua cara berikut ini.

Cara Pertama: Mematikan Windows Defender melalui regedit

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan membuka Registry Editor (regedit) di Windows 10 Anda.
  • Setelah halaman regedit tersebut terbuka, silahkan Anda masuk ke dalam alamat folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\SecurityHealthService.
  • Pada bagian kanan folder tersebut, klik 2 kali pada tulisan Start, dan ganti value yang ada di dalam kolom menjadi angka 4.

  • Langkah selanjutnya adalah dengan merestart komputer Anda untuk bisa melihat perubahan yang telah Anda lakukan pada regedit Windows 10 tersebut.

Kalau memang Anda ingin mengaktifkannya lagi, maka Anda cukup mengubah value-nya lagi menjadi angka 2 atau seperti semula. Untuk Anda yang memang ingin mencoba cara ini, sebaiknya lakukan backup terlebih dulu pada Windows 10 atau regedit Anda ya!

Cara Kedua: Mematikan Windows Defender melalui Group Policy (gpedit)

  • Langkah pertama adalah dengan mengakses halaman Group Policy tersebut melalui menu RUN atau pencarian di Start Menu dengan nama “msc” (tanpa tanda petik). Kalau ada notifikasi yang muncul, silahkan Anda klik saja tombol Yes untuk melanjutkan.
  • -Setelah halaman tersebut terbuka, silahkan Anda menuju ke menu Computer Configuration > Administrative Templates > Windows components > Windows Defender.
  • Pada bagian kanan menu tersebut, silahkan Anda cari opsi yang bertuliskan Turn off Windows Defender, kemudian klik dua kali opsi tersebut.
  • Saat muncul jendela Property, silahkan Anda pilih opsi “Enabled”, kemudian klik tombol Apply untuk menerapkan perubahan tersebut.
  • Dengan cara ini, pasti Windows Defender Anda sudah tidak aktif lagi. Kalau memang perubahan belum terjadi, maka silahkan restart komputer Anda atau masuk ke Command Prompt melalui Run as administrtor dan ketikkan perintah “gpupdate /force” (tanda tanda petik).

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan untuk mematikan fitur Windows Defender di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah dan cepat, jangan ragu untuk membagikannya pada kolom komentar ya!

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY