Windows 10 ini memang bisa dikatakan sebagai penyempurnaan dari Windows-Windows sebelumnya. Sehingga, terdapat cukup banyak sekali fitur yang tersimpan di dalamnya. Tidak hanya itu saja, pihak Microsoft sebagai developer Windows 10 ini pun, cukup sering memberikan update terbaru untuk para penggunanya. Ini tentunya hal yang bagus untuk peningkatan performa, pengalaman pengguna, kemanan Windows, serta perbaikan terhadap bug-bug yang didapatkan dari para pengguna.

Walaupun, update tersebut ditujukan untuk perbaikan sistem, tapi tidak jarang dari pengguna mengeluhkan mengenai update tersebut, salah satunya adalah hang atau stuck saat proses update. Tidak sedikit yang mengalami masalah ini pada saat proses update tersebut. Sehingga membuat para penggunanya menjadi bingung untuk mengatasinya.

Dan, untuk Anda para pengguna Windows 10 yang memang mengalami masalah ini, maka silahkan Anda ikuti beberapa cara di bawah ini untuk bisa mengatasinya.

Cara Pertama: Coba lakukan restart pada komputer Anda

Jika memang Windows 10 Anda tersebut sudah stuck selama lebih dari 1 jam saat proses update tersebut, maka hal pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah me-restart komputer Anda. Untuk proses restart ini Anda harus menekan tombol power pada komputer dalam waktu yang lama, sampai komputer mati, lalu dihidupkan kembali.

Jika komputer Anda sudah hidup kembali, maka silahkan Anda masuk dulu ke dalam menu Windows Update sebelumnya, melalui Settings > Update & Security > Windows Update. Di dalam halaman Windows Update ini, silahkan Anda klik tombol Change for updates. Walaupun cara ini tidak selalu bekerja dengan baik, tapi ini adalah cara pertama yang perlu untuk Anda coba lakukan terlebih dulu sebelum melangkah ke cara berikutnya kalau memang cara ini belum berhasil.

Cara Kedua: Menggunakan fitur troubleshooter

Windows 10 ini memiliki banyak fitur yang sangat bisa diandalkan dan juga bisa sangat membantu, yagn salah satunya adalah Troubleshooter. Fitur ini sangat bisa diandalkan kalau terjadi masalah pada sistem operasi Windows 10 Anda, termasuk masalah pada Windows Update ini.

Nah, untuk Anda yang memang ingin mencoba cara kedua dengan menggunakan fitur Troubleshooter ini, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka halaman Control Panel melalui Star menu.
  • Setelah itu, ganti tampilan dari Control Panel tersebut menjad Smal Icon agar semua opsi atau menu di dalam Control Panel bisa muncul, termasuk Troubleshooting tersebut. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

  • Setelah Anda mengklik dan masuk ke dalam halaman Troubleshooting tersebut, pada bagian jendela kanan layar, silahkan Anda klik pada opsi View all, agar bisa menampilkan semua opsi untuk mengatasi masalah pada Windows ini.
  • Di dalam menu tersebut, silahkan Anda cari opsi Windows Update untuk bisa menjalankan fitur Windows Update troubleshooter

  • Jika halaman Windows Update Troubleshooter ini muncul, Anda lanjut saja dengan mengklik tombol Next untuk melanjutkan proses pencarian masalahnya.
  • Kalau semua langkah di atas Anda sudah ikuti dengan baik dan benar, maka fitur Troubleshooter ini seharusnya sudah bisa mengatasi masalah error saat proses Update Windows Anda. Jika prosesnya sudah selesai, silahkan Anda tutup halaman troubleshooter tersebut dan lakukan restart pada komputer Anda.

Cara Ketiga: Bersihkan cache dari Windows update tersebut

Kalau ternyat cara pertama dan kedua di atas belum bisa mengatasi masalah update Windows 10 yang macet, maka Anda bisa mencoba cara ketiga ini. Cara ini adalah cara terakhir dari Saya untuk bisa mengatasi masalah stuck pada Windows 10 update tersebut, yaitu dengan membersihkan file update Windows 10 tersebut dari cahce. Langkah-langkahnya itu adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah dengan meng-klik kanan pada Start Menu, kemudian Anda pilih opsi Command Prompt (admin). Cara ini adalah cara cepat untuk membuka halaman CMD administrator di Windows 10. Jika muncul pop up notifikasi UAC, silahkan saja Anda klik tombol Yes untuk melanjutkan.

  • Di jendela Command Prompt tersebut, silahkan Anda ketikkan perintah seperti di bawah ini:

net stop wuauserv

  • Tekan tombol Enter pada keyboard jika perintah yang Anda ketikkan sudah sesuai.
  • Setelah itu, ketikkan lagi perintah berikut ini:

net stop bits

  • Lalu Anda tekan kembali Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.

  • Jika memang kedua perintah di atas telah Anda jalankan dengan tepat, maka silahkan Anda minimize halaman CMD Anda dulu ya! Ingat, minimize ya, bukannya di close (tutup). Karena, akan ada perintah lagi yang harus Anda masukkan nantinya.
  • Pada langkah berikuntya, silahkan Anda buka halaman Windows Explore, lalu masuk ke dalam folder di bawah ini:

C:\Windows\SoftwareDistribution

  • Anda bisa mengganti C:\ tersebut lokasi partisi Windows Anda terinstall. Sesuaikan saja dengan drive atau lokasi dari sistem operasi Windows 10 Anda terinstall.

  • Jika Anda sudah berada dalam folder SoftwareDistribution tersebut, maka silahkan Anda seleksi semua file yang ada di dalam folder dengan menekan shortcut CTRL + A. Kemudian, silahkan Anda tekan tombol Delet di keyboad untuk menghapus semua file tersebut. Klik saja tombol Continue saat ada konfirmasi yang muncul saat Anda menghapusnya. Kalau ternyata pada saat proses penghapusan file tersebut, ada beberapa file yang tidak dapat dihapus, maka Anda harus me-restart komputer Anda terlebih dulu, dan kembali masuk ke dalam folder tersebut untuk menghapus filenya.
  • Setelah itu, Anda kembali lagi ke halaman CMD sebelumnya, dan ketikkan dua perintah di bawah ini, yang di setiap perintah Anda akhiri dengan menekan tombol Enter:

net start wuauserv

net start bits

  • Langkah terakhir yang perlu untuk Anda lakukan jika semua proses di atas telah Anda lakukan dengan benar adalah melakukan restart normal pada komputer Anda. Setelah itu, Anda pun bisa kembali melakukan update Windows secara lancar.

Nah, itulah 3 cara yang biasa Saya gunakan saat mendapati masalah pada saat Windows Update di Windows 10 ini. Semoga dengan cara-cara di atas, masalah yang sama yang sedang Anda hadapi sekarang ini bisa juga teratasi dengan cepat. Kalau ternyata Anda memiliki pertanyaan atau pun cara lain, maka jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar ya!

Selamat mencoba!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY