Sistem operasi Windows 10 Anda mengalami error? Bingung dan tidak tahu harus ngapain selain install ulang? Sebaiknya Anda coba alternatif lain terlebih dulu sebelum melakukan instal ulang Windows 10. Karena, pada Windows 10 terbaru ini, terdapat banyak fitur yang bisa membantu Anda dalam melakukan troubleshooting secara otomatis loh!

Di bawah ini pun Saya telah mengumpulkan 3 cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi eror pada Windows 10 Anda. Seperti apa caranya? Silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memanfaatkan fitur sistem restore

System restore point merupakan fitur yang memang sudah lama ada pada sistem operasi Windows. Fitur ini sendiri pertama kalinya sudah dihadirkan pada Windows XP di tahun 2002 lalu. Restore point yang disisipkan pada sistem operasi Windows ini sendiri memang sangatlah bermanfaat, apalagi kalau Windows Anda ada masalah.

Cara kerja dari sistem restore point di Windows 10 ini masih seperti pendahulunya, yaitu dengan mengembalikan pengaturan dan juga isi dari hardisk Anda ke tanggal tertentu atau saat bekerjanya restore point tersebut. Bisa dikatakan juga kalau cara kerjanya itu mirip dngan backup dan restore. Misalnya saja, restore point pada PC Anda itu pada tanggal 1 Juli 2018, dan di tanggal 10 Juli 2018 komputer Anda mengalami kerusakan sistem operasi, maka Anda bisa menggunakan backup dari restore point pertanggal 1 Juli tersebut.

Dengan cara ini, settingan atau pun file di komputer Windows Anda tersebut akan kembali seperti pada tanggal 1 Juli 2018 tersebut. Hanya saja, file-file yang telah Anda buat atau simpan antara tanggal 1 Juli 2018 hingga 10 Juli 2018 tersebut nantinya akan hilang.

Kalau nantinya ada mesin waktu, cara kerjanya itu mungkin akan seperti ini loh!

Secara defaultnya sendiri, sistem restore pada Windows 10 ini dalam kondisi disable atau non-aktif. Jadi, untuk bisa menggunakan fitur restore point tersebut, sebaiknya Anda mengaktifkannya segera setelah menginstall Windows 10. Cara mengaktifkan fitur sistem restore di Windows 10 itu, bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Klik kanan pada ikon This PC, lalu masuk ke dalam menu Properties.
  • Di dalam halaman Properties tersebut, silahkan Anda pilih lagi opsi Advance system settings, lalu ke System Protection.

  • Di dalam menu System Protection tersebut, silahkan Anda langsung aktifkan menu System restore point.

Dengan adanya sistem restore pada Windows 10 ini, maka Anda tidak perlu khawatir kalau nantinya akan ada masalah pada Windows Anda. Karena, dengan menggunakan fitur sistem restore tersebut, maka komputer Windows Anda pun akan kembali bagus lagi.

Untuk Anda yang memang ingin melakukan sistem restore di komputer Windows 10-nya, maka Anda bisa membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul :

2. Memanfaatkan fitur Reset this PC

Pada Windows 10 juga diketahui satu fitur yang bernama Reset this PC. Fitur ini sendiri memiliki fungsi seperti melakukan install ulang sistem operasi pada PC Anda, hanya saja sistem operasi yang terinstall itu adalah Windows 10 kembali. Cara kerjanya pun bisa dikatakan mirip dengan sistem restore, namun lebih spesifik mengembalikan pengaturan dan juga data Windows Anda seperti pertama kali install ulang. Sehingga, aplikasi, data dan juga pengaturan yang tersimpan pada drive system (C:\) itu bisa Anda hapus atau pun tetap tersimpan semua.

Fitur Reset this PC ini bisa Anda manfaatkan kalau ternyata cara pertama sudah tidak berhasil mengatasi masalah atau eror pada komputer Anda. Cara menggunakan fitur Reset this PC di Windows 10 adalah sebagai berikut:

  • Pastikan komputer (PC atau laptop) Anda tetap menyala, kalau perlu sediakan UPS untuk bantuan suply listriknya.
  • Setelah itu, masuk ke dalam menu Settings > Update & Security > Recovery.

  • Di dalam halaman ini Anda akan melihat tombol Reset this PC serta tombol Get Started untuk memulai proses reset Windows 10 Anda tersebut.

  • Setelah itu, akan muncul lagi 2 opsi yaitu “Keep my files” dan “Remove everything”. Kalau memang Anda ingin membersihkan isi komputer Anda, maka pilih opsi kedua (remove everything). Tapi, kalau ternyata Anda ingin tetap menyimpan file Anda, maka pilih opsi “Keep my files”.

  • Kemudian, Windows akan mulai menjalankan proses reset itu secara otomatis.

Anda sebaiknya menyiapkan CD, USB, atau pun file ISO Windows, kalau-kalau saat proses reset ternyata dibutuhkan. Karena, kalau terjadi kerusakan pada Windows 10 Anda, kemungkinan juga ada file sistem yang corrupt atau rusak, sehingga butuh update dari keseluruhan file instalasi Windows 10 ini.

3. Mengembalikan update (build) sebelumnya

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki Windows 10 Anda yang eror adalah dengan mengembalikan ke update atau build sebelumnya. Windows 10 terbaru ini memang sering sekali mendapatkan update langsung dari Microsoft, apalagi kalau memang Anda sering menggunakannya untuk online. Update yang dilakukan tersebut biasanya ditujukan untuk pembaruan dari aplikasi atau pun perangkat dari komputer Anda.

Nah, kalau update telah Anda lakukan, dan ternyata ada perangkat atau aplikasi yang tidak cocok, maka eror memang kadang terjadi pada Windows Anda. Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, alternatif atau cara paling mudah adalah dengan mengembalikan update ke build sebelumnya. Fitur ini sendiri baru bisa muncul kalau memang Anda sudah pernah melakukan update pada Windows 10 Anda, misalnya dari Windows 10 Anniversary ke Creators Update.

Cara mengembalikan build Windows 10 ke update sebelumnya itu bisa Anda lihat secara singkat di bawah ini:

  • Pastikan Anda tidak menghapus file yang bernama Windows.old di komputer Anda.
  • Pastikan pula media penyimpanan Anda memiliki kapasitas 2 kali lipat dari file Windows.old tersebut.
  • Backup semua data penting Anda.
  • Buka menu Settings > Update & Security > Recovery, lalu cari tab poin yang bertuliskan Go back to the previous version of Windows 10, kemudian klik tombol Get Started yang ada di bawahnya.
  • Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti setiap langkah yang muncul di layar komputer Anda.

Fitur ini sendiri memiliki cara kerja yang sangatlah mirip dengan system restore point di atas. Jadi, setiap file yang sudah Anda tambahkan sebelumnya akan hilang saat menggunakan fitur ini. Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan backup terlebih dulu ya!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY