Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami masalah internet yang tidak bisa terhubung ke internet. Di mana koneksi internet tidak ada setelah melakukan upgrade ke Windows 10. Memang ada beberapa kasus dari para pengguna yang mengalami hal serupa. Pelaporan kepada pihak Microsoft pun banyak dilakukan untuk melakukan perbaikan terhadap hal ini.

Masalah Windows 10 tidak dapat terhubung ke Internet

Pihak Microsoft sendiri menjawab permasalahan ini dengan mengaitkannya untuk masalah VPN yang ada di komputer. Di mana VPN tersebut merupakan software pihak ketiga yang aktif saat Anda melakukan proses upgrade atau komputer gagal terhubung ke WiFi dikarenakan software VPN tersebut.

Akan tetapi, itu bukanlah satu-satunya kasus permasalahan yang ditemui. Bisa saja itu disebabkan oleh hardware yang tidak kompatibel dengan Windows 10 Anda, sehingga Anda pun tidak dapat terhubung ke internet setelah melakukan upgrade Windows 10. Untuk memastikan hal tersebut, maka Anda mengecek beberapa hal berikut ini:

  1. Hal pertama yang perlu untuk Anda cek, adalah memastikan fitur WiFi pada PC/Laptop Anda sudah diaktifkan. Silahkan Anda buka menu Settings > Internet & Connection > WiFi, lalu silahkan Anda ubah toggle-nya menjadi aktif cukup dengan menggesernya. Di samping itu pula, Anda juga perlu mengecek tombol fisik WiFi pada laptop Anda sudah aktif.
  2. Hal kedua, adalah Anda juga bisa melakukan klik kanan pada tombol Start Windows untuk membuka menu WinX. Selanjutnya, Anda pilih Device Manager, kemudian pilih tab Action dan pilih opsi Scan for hardware changes. Cara ini bisa membantu untuk me-refresh daftar dari driver PC/Laptop Anda.

Kalau ternyata semua hal di atas sudah Anda cek, dan ternyata tidak ada masalah sama sekali, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk memperbaikinya, berdasarkan identifikasi masalah yang dialami pada komputer Anda.

Daftar WiFi tidak muncul setelah upgrade ke Windows 10

Hal ini bisa terjadi karena, Anda kemungkinan menginstall aplikasi VPN. Tapi, kalau bukan karena aplikasi VPN tersebut, maka masalahnya kemungkinan karena router Wireless tersebut. Untuk itu, Anda lakukan dulu pengecekan terhadap settingan broadcast SSID dari router tersebut dengan cara berikut ini:

  • Buka browser di komputer Anda, lalu ketikkan alamat IP 192.168.1.1 pada kolom url-nya. Masing-masing router biasanya memiliki alamat IP yang berbeda, yang bisa Anda cek pada buku panduan atau pun stiker yang menempel pada router tersebut.
  • Silahkan Anda login ke dalam pengaturan router tersebut dengan memasukkan user dan password yang sesuai. Silahkan Anda lihat buku panduan dari router untuk mengetahui user dan password defaultnya. Silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul ‘cara akses router jika lupa password‘.
  • Pada bagian Wireless di halaman Kofigurasi tersebut, silahkan Anda pada bagian SSID, dan pastikan opsi Broadcast SSID sudah tercentang. Biasanya, masing-masing tipe router akan memiliki lokasi pengaturan dan nama Broadcast SSID yang berbeda. Untuk itu, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap pengaturan router Anda, dengan membaca buku panduannya atau meminta bantuan dari orang yang sudah berpengalaman.
  • SSID ini bisa Anda ganti namanya sesuai keinginan Anda, lalu Anda cukup klik tombom Save untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda terapkan.

Tapi, kalau Anda ternyata menggunakan software VPN, maka Anda bisa menghapus VPN tersebut dengan melalui halaman Registry Editor (regedit) dengan cara berikut ini:

  • Silahkan Anda masuk ke dalam halaman CMD dengan menekan tombol Win + R pada keyboard.
  • Ketikkan CMD pada kolom RUN tersebut, lalu Enter.
  • Pada halaman CMD tersebut, silahkan Anda ketikkan perintah berikut :

reg delete HKCR\CLSID\{988248f3-a1ad-49bf-9170-676cbbc36ba3} /va /f

  • Setelah itu, ketikkan juga perintah berikut :

netcfg -v -u dni_dne

  • Jika sudah, maka silahkan Anda restart komputer Anda, lalu cek apakah daftar WiFi sudah muncul.

Siklus daya pada Router

Terkadang, yang menjadi masalah pada router adalah siklus dayanya. Untuk itu, Anda bisa mulai dengan melepaskan steker listrik dari router setelah mematikannya. Biarkan selama beberapa detik, kemudian pasang kembali kabel powernya, dan hidupkan. Selanjutnya, Anda tinggal mengecek apakah WiFi sekarang sudah bisa terlihat dalam daftar jaringan.

Password untuk WiFi tidak sesuai

Terkadang Anda pun akan menemukan kalau WiFi tidak dapat terhubung karena password yang Anda masukkan ternyata salah atau tidak sesuai dengan WiFi tersebut. Untuk memastikan kalau Anda memasukkan kata sandi yang benar, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik kanan pada WiFi atau ikon jaringan di tray icon.
  • Pilih pen Network and Sharing Center.
  • Selanjutnya, Anda klik pada Change on Adapter Settings.
  • Di jendela Network Properties yang muncul, klik kanan pada WiFi connection dan klik Status.
  • Di kotak dialog, yang muncul, klik pada Wireless Properties.
  • Klik pada tab Security di jendela Wireless Properties.
  • Tepat di bawah label Wireless Security Key, Anda akan menemukan kotak yang bertuliskan “Show characters” berikan tanda centang, lalu pada bagian atasnya untuk melihat kata sandi nirkabel.
  • Catat kata sandi dan gunakan untuk terhubung ke WiFi

Jika cara di atas ternyata masih tidak bisa membuat Anda terhubung ke internet melalui WiFi, maka Anda bisa mencoba untuk mengganti password pada router dengan langkah-langkah sebagia berikut:

  • Silahkan Anda buka pengaturan router, seperti pada langkah-langkah sebelumnya di atas.
  • Lalu, Anda masuk ke dalam menu Wireless > SSID.
  • Di sana, Anda akan melihat opsi untuk password, silahkan Anda ganti password router tersebut sesuai dengan keinginan Anda.
  • Klik Save untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan.
  • Tutup browser
  • Coba untuk restart router dan komputer Anda, lalu cek apakah Anda sudah bisa terhubung ke internet melalui WiFi hotspot.

Gunakan troubleshoot jaringan Windows (Network Troubleshooter)

Pada Windows sendiri, memang sudah dilengkapi dengan tool untuk mempermudah Anda dalam mengatasi masalah jaringan, yang bernama Network Troubleshooter. Anda bisa menggunakan Network Troubleshooter internal ini untuk melihat apa yang menyebabkan masalah, sekaligus bisa juga untuk melakukan perbaikan secara otomatis. Langkah-langkah menggunakan Network Troubleshooter di Windows 10 adalah sebagai berikut:

  • Untuk memulai Windows Network Troubleshooter, silahkan Anda ketik Network Troubleshooter di kotak pencarian pada start menu.
  • Klik opsi Identify and Repair Network Connections dari daftar yang muncul.
  • Proses scanning untuk pemecah masalah jaringan pun akan berjalan secara otomatis.
  • Anda pun cukup mengikuti setiap arahan yang diberikan, yang muncul setelah proses scanning selesai.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan ketika jaringan komputer tidak bisa terhubung ke internet setelah melakukan upgrade ke Windows 10. Jika Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda sampaikan pada kolom komentar yang ada di bawah.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY