Media penyimpanan merupakan bagian yang terpenting pada komputer. Tanpa media penyimpanan, maka Anda tidak bisa menginstall sistem operasi, software, game atau pun menyimpan file. Kapasitas dari media penyimpanan ini pun perlu untuk Anda perhatikan setiap waktu. Kalau sudah mulai penuh, maka silahkan Anda lakukan upgrade atau penambahan slot penyimpanan baru. Kalau untuk sistem opersai, sebaiknya Anda menggunakan SSD saja untuk kapasitas 120GB hingga 250GB. Sehingga, komputer Anda pun akan bisa loading lebih cepat saat di awal.

Namun, beberapa user ternyata mengeluhkan mengenai masalah pemasangan media penyimpanan yang baru, baik itu hardisk atau pun SSD. Di mana saat media penyimpanan tersebut terpasang, ternyata menampilkan pesan Unknown Not Initialized. Itu berarti sistem operasi Windows 10 tidak bisa menginialisasi media penyimpanan tersebut.

Unknown Not Initialized – Tidak dapat menginisialisasi disk

Partisi atau hardisk biasanya tiba-tiba hilang di Explorer. Untuk mengeceknya, maka Anda bisa membuka Disk Management. Kalau memang keterangannya adalah Not Initialized, maka itu berarti media penyimpanan tersebut tidak terbaca dengan baik oleh sistem.

Untuk memperbaiki masalah Unknown Not Initialized ini, maka solusinya adalah sebagai berikut:

1. Inisialisasi disk secara manual

Untuk menginisialisasi drive secara manual, tekan tombol Win + X lalu pilih menu Disk Management. Di sini Anda bisa melihat yang mana media penyimpanan yang tidak dapat diinisialisasi tersebut. Lalu, klik kanan pada disk tersebut, dan pilih Initialize Disk.

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih tipe partisi (MBR atau GPT). Tapi, sebagai saran, sebaiknya Anda memilih MBR saja. Lalu klik tombol OK, dan media penyimpanan tersebut akan melakukan inisialisasi.

2. Aktifkan disk dan membuat Drive Letter baru

  • Kalau pada halaman Disk Management tersebut, terlihat Offline atau tidak aktif, maka silahkan Anda pilih Online untuk mengaktifkannya.
  • Tapi, kalau sudah aktif, dan ternyata tidak memiliki huruf partisi (Drive Letter), maka klik kanan pada disk tersebut, dan pilih Change drive Letter. Pilih huruf yang belum terdaftar.
  • Format dalam tipe NTFS untuk media penyimpanan internal (64bit), dan FAT32 untuk eksternal seperti flashdisk. Tapi, ini akan menghapus semua data Anda, jadi pastikan melakukan backup terlebih dulu kalau memungkinkan.

3. Periksa Device Manager

Masalah ini kemungkinan juga karena driver media penyimpanan yang tidak berfungsi.

  • Tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih Device Manager dari daftar menu yang muncul.
  • Klik pada Disk Driver, untuk memunculkan daftar driver dari media penyimpanan.
  • Kalau ada yang bertanda seru, maka silahkan Anda klik kanan pada tanda seru tersebut, lalu pilih Uninstall.
  • Selanjutnya, klik pada menu Action yang ada di tab menu atas, lalu klik Scan for hardware changes.
  • Terakhir, Anda tinggal restart komputer, dan Windows 10 akan melakukan instalasi driver secara otomatis untuk media penyimpanan tersebut.

4. Cek kabel

Kemungkinan juga masalah ini disebabkan oleh kabel data media penyimpanan yang tidak tersambung dengan baik. Jadi, pastikan Anda sudah memasang dengan baik dan benar kabel tersebut, baik itu kabel data atau pun kabel power untuk masing-masing port pada media penyimpanan dan juga motherboard.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY