Saat Anda bermain game, mungkin kebutuhan RAM 16GB sudah lebih dari cukup. Karena, memang kebutuhan RAM untuk game-game saat ini memberikan rekomendasi 8GB saja. Dan, untuk lebih maksimal lagi, maka RAM dengan kapasitas 16 GB itu sudah standar. Kalau pun dari Anda, ada yang menggunakan RAM dengan kapasitas 32 sampai 128GB, maka itu tentunya tergantung dari keperluan Anda dalam menggunakan PC, yang mungkin saja bukan hanya untuk kebutuhan gaming.

Nah, bagaimana kalau Anda memiliki PC dengan kapasitas RAM 3TB? Apakah PC tersebut masih layak untuk digunakan bermain game? Jawabannya itu tentu saja, “tidak”!

Pasalnya, RAM dengan kapasitas sebesar itu tentunya akan sangat boros jika Anda hanya menggunakannya bermain game saja. Tapi, kalau untuk kebutuhan server atau pun rendering 3D, untuk pembuatan film serta pembuatan game, maka RAM tersebut pasti akan terpakai secara optimal.

Tapi, apakah ada PC yang memiliki kapasitas RAM 3TB? Karena, seperti yang kita ketahui sekarang ini, kalau RAM tertinggi kapasitasnya1 keping di pasaran itu hanyalah 16GB DDR4. Slot maksimal pada motherboard itu hanyalah 8. Jadi, kalau semua slot terpasang RAM 16GB, maka totalnya itu hanyalah 128GB saja.

PC dengan kapasitas RAM 3TB itu sudah ada saat ini. Di mana pihak HP adalah sebagai vendor penyedia PC tersebut.

PC Workstation RAM 3TB terbaru dari HP

Walaupun memang HP belum resmi meluncurkan PC supernya ini, tapi, ternyata spesifikasi dari PC workstation dari HP tersebut ternyata sudah bocor ke publik. PC tersebut tersebut ternyata tidak hanya ada 1 versi saja, tapi ada 3 versi yang akan dirilis secara bersamaan, dengan berbeda-beda tingkatan spesifikasi. Jajaran PC tersebut adalah HP Z8, Z6, dan Z4, yang rencananya akan rilis bersamaan pada Oktober atau November tahun 2017.

Kisaran harga dari PC tersebut adalah untuk yang PC Workstation HP Z8 itu seharga 35 jutaan, Z6 itu seharga 27 jutaan, sedangkan untuk Z4 itu hanya sekitar 18 jutaan saja. Mahal gak sih? Mari kita lihat spesifikasi dasarnya di bawah ini:

PC Workstation dari HP ini khususnya untuk yang Z8 memiliki spesifikasi yang luar biasa hebat. Untuk processornya sendiri menggunakan Intel Xeon dengan 56 Cores, RAM 3TB, hardisk 48TB, serta VGA dari nVidia Quadro 72GB.

Untuk yang Z4 itu hanya berbeda RAM saja, yang diturunkan hingga 384GB. Sedangkan, untuk yang Z4 itu mengalami penurunan pada lini processor yang menjadi 23 Cores dan RAM 256GB maksimalnya.

Apakah cocok untuk gaming?

Kalau kita melihat spesifikasinya tersebut, PC ini tentunya sangat cocok untuk gaming, bahkan bisa memainkan 10 game secara bersamaan tanpa lag, kalau core, VGA, storage, dan RAM-nya itu dibagi-bagi. Tapi, hal tersebut tidak mungkin lagi terbagi, karena PC ini sudah satu paket pada spesifikasinya. Jadi, untuk penggunaan gaming, PC ini tentunya tidak optimal lagi, karena terlalu boros spesifikasi yang mana sistem operasi sekarang ini hanya support sampai DirectX 12 saja dengan maksimal 8 Cores.

Namun, untuk Anda yang berkecimpung dalam dunia programing pembuatan game, animasi 3D, dan film maker, maka PC ini tentunya sangatlah cocok untuk Anda. Dengan PC ini maka, pekerjaan Anda tersebut pasti akan lebih mudah dan cepat diselesaikan.

LEAVE A REPLY