Menggunakan komputer bersama untuk semua keluarga yang tinggal serumah tentunya cukup mengkhawatirkan file atau data yang Anda miliki di dalamnya. Apalagi kalau data itu adalah dokumen atau pekerjaan penting dari kantor. Karena, bukan tidak mungkin ada anggota keluarga yang mengakses file Anda tersebut, kemudian secara tidak sengaja dia hapus atau ganti isinya.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui tentang bagaimana cara mengelola user akun pengguna di komputer Windows 10 Anda tersebut. Sehingga, Anda bisa mengatur setiap pengguna berdasarkan level atau batasan akses ke file dan aplikasi tertentu.

Kelola Akun Pengguna di Windows 10

Pada pengaturan Windows 10, telah memberikan fitur untuk pengaturan akun, agar bisa mengelola semua akun pengguna. Di mana pada bagian tersebut Anda bisa dengan mudah melakukan konfigurasi untuk akun-akun yang terdaftar, baik itu lokal maupun Microsoft. Berikut adalah beberapa panduan untuk pengelolaan akun tersebut.

Untuk pengguna akun Microsoft atau pun akun lokal

Saat pertama kali Anda menginstall Windows 10, maka Anda pun akan ditawarkan untuk memasukkan akun Microsoft yang sudah ada. Akan tetapi, Anda bisa juga membuat akun admin lokal kalau, Anda memang belum memiliki akun Microsoft. Kalau memang Anda tidak mengingat mengenai apa yang Anda lakukan saat pengaturan tersebut, maka sebaiknya Anda fokus saja untuk mengetahui semua hal tentang akun Anda, apalagi kalau Anda menggunakan akun lokal sebagai berikut:

Buka menu Settings > Accounts. Pada bagian ini Anda bisa melihat setiap detail dari akun Anda tersebut termasuk akun Microsoft, Administrator, akun lokal, gambar profil, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pengelolaan akun. Di dalam pengelolaan akun ini pun terdapat beberapa bagian, yaitu:

  • Your info (Info Anda)
  • Email & App Accounts (Akun Email & Aplikasi)
  • Sign-in Options (Opsi Masuk)
  • Access work or school (Akses kerja atau sekolah)
  • Family & Other people (Keluarga & Orang lain)
  • Sync your settings (Sinkronkan pengaturan Anda)

Untuk mengetahui apakah akun Anda itu adalah akun Microsoft, maka Anda bisa mengecek apakah di dalam pengelolaan akun tersebut terdapat Outlook, Hotmal, atua pun Live ID. Kalau memang akun Anda adalah akun Microsoft, maka akan banyak bagian yang sudah difilter. Akan tetapi, kalau Anda hanya akun lokal, maka Anda bisa menghubungkannya dengan akun Microsoft. Proses pembuatannya pun sangatlah cepat dan mudah, sama seperti membuat user baru pada sosial media.

Tautkan Akun Windows 10 Lokal dengan Akun Microsoft

Jadi, saat Anda sudah masuk ke dalam pengaturan akun, maka silahkan Anda cari link yang bertuliskan “Sign in with a Microsoft Account instead“. Setelah mengklik link tersebut, maka silahkan Anda masukkan login dengan akun email Anda, kemudian silahkan Anda kaitkan dengan PC Windows 10 dan juga akun MSA yang Anda gunakan. Verifikasi yang akan dilakukan oleh pihak Microsoft untuk cara ini adalah melalui nomor telepon yang Anda masukkan untuk bisa mengaktifkan fitur sinkronisasi dan pengaturan file untuk beberapa perangkat.

Menghubungkan akun Windows 10 lokal Anda dengan akun Microsoft (MSA) untuk memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat utamanya itu adalah menghubungkan lisensi Windows 10 Anda dengan akun Anda. Jadi, saat Anda menginstall kembali Windows 10, kemudian masuk dengan akun MSA yang sama, maka Anda tidak perlu lagi melakukan proses aktivasi lagi. Proses download aplikasi dari Microsoft Store juga lebih lancar dengan menggunakan akun MSA tersebut.

Anda bisa menggunkaan akun email yang berbeda untuk beberapa aplikasi

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi atau pun Microsoft Store dengan alamat email yang berbeda, maka itu tidak perlu Anda khawatirkan. Karena, Anda tetap bisa menambahkan akun-akun email tersebut untuk akun kedua dan seterusnya.

Anda cukup membuka menu Settings > Email & App accounts, lalu masukkan alamat email Anda untuk penggunaan aplikasi yang lain. Akun-akun tersebut harus Anda pastikan pula untuk tidak terhubung dengan Outlook, Calendar, dan juga Contact. Untul proses verifikasi sendiri bisa Anda lakukan dengan cara seperti biasanya, termasuk pula dengan verifikasi melalui nomor telepon. Untuk selanjutnya, saat Anda membuka sebuah aplikasi, maka akan meminta akun email yang ingin Anda gunakan pada aplikasi tersebut. Silahkan Anda pilih alamat email yang menurut Anda menjadi email yang terhubung dengan aplikasi tersebut.

Beberapa cara untuk login ke komputer Windows 10 Anda

Pada Windows 10 ini memang memiliki fitur keamanan yang sudah terbilang cukup canggih. Kalau dulunya kita hanya memiliki opsi login dengan menggunakan password, di Windows 10 ini sudah memiliki beberapa pilihan untuk login tersebut, mulai dari PIN atau gambar (Picture Password), Dynamic Lock Options, dan ada juga dengan menggunakan suara yang dinamakan dengan Windows Hello. Penjelasan mengenai opsi keamanan login tersebut bisa Anda simak di bawah ini:

  • PIN : PIN ini sendiri sebenarnya hampir sama dengan password, tapi hanya terbatas untuk 4 digit saja.
  • Picture Password : Poin ini sendiri sudah pernah Saya bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul “cara bikin password Windows 10 dengan gambar“. Akan tetapi, Anda harus bisa mengingat letak titik pada gambar yang Anda gunakan tersebut dengan baik.
  • Windows Hello: Untuk opsi yang satu ini sendiri membutuhkan perangkat Webcam khusus.

Pada menu ini pun, Anda bisa mengganti password, hanya saja itu bisa membuat password akun Microsoft Anda ikut berubah.

Mengelola akun Family dan Guest

Hebatnya lagi, Windows 10 ini dilengkapi dengan fitur untuk pengelolaan akun atau user Family dan Guest (Tamu). Untuk pengelolaan fitur ini, maka Anda bisa mengikut beberapa langkah berikut ini:

  • Anda harus mengaktifkan fitur tersebut dengan melalui menu Settings > Family & others.
  • Untuk akun anak atau pun pengguna standar akan diberikan banyak batasan akses, mulai dari file, dan juag aplikasi, khususnya game.

Untuk penambahan akun guest (tamu) pada Windows 10 sebenarnya sudah dihapus. Tapi, untuk Anda pengguna Windows 10 versi 1607 memiliki fitur baru yang bernama Share or Guest PC Mode. Fitur ini bisa Anda dapatkan pada Windows 10 pro, Pro Education, Education, dan juga Enterprise.

Menghapus dan menonaktifkan akun

Untuk Anda yang ingin menghapus atau menonaktifkan akun tertentu, misalnya anggota keluarga atau orang lain, maka Anda bisa masuk ke dalam menu Settings > Family & Others. Kemudian, silahkan Anda pilih akun yang ingin hapus, lalu selanjutnya tinggal klik tombol Delete (Hapus).

Nah, itulah beberapa hal perlu untuk Anda ketahui mengenai pengelolaan akun di Windows 10. Hal ini sangat penting untuk Anda ketahui, di mana jika Anda tinggal bersama keluarga dengan menggunakan komputer bersama. Agar data-data pekerjaan Anda tetap terjaga dengan aman.

Selamat mencoba!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY