Untuk bisa mendengarkan musik pada komputer Windows, biasanya kita menggunakan pemutar musik yang bernama Winamp. Akan tetapi, Windows sendiri sudah diberikan aplikasi atau software bawaan untuk bisa menjalankan musik dan video yang bernama Windows Media Player (WMP). Aplikasi ini pun bisa memutar berbagai jenis file, seperti .mp3, wmv, .mp4, dan file video atau pun musik lainnya. Sehingga, Anda tidak memerlukan lagi aplikasi pemutar file musik atau pun video lagi dengan adanya Windows Media Player ini.

Windows Media Player ini pun masih tersedia pada sistem operasi Windows 10, yang tentunya terlihat lebih keren dan menarik lagi. Hanya saja, beberapa pengguna Windows 10 memang mengalami masalah saat menggunakan Windows Media Player ini. Masalah tersebut terjadi saat pengguna ingin menjalankan file seperti .3gp, .3g2, .mp4, .mov, dan .adts. Kesalahan ini terjadi, karena kemungkinan Windows Media Player tidak mendukung untuk file atau codec yang digunakan.

Anda tidak perlu khawatir akan masalah tersebut. Karena, masalah ini hanya akan muncul kalau Internet Explorer menggunakan alamat URL yang sudah dihubungkan untuk memanggil CreateProcess. Dan, karena Windows Media Player tersebut tidak bisa membuka jalur url yang encode tersebut, makanya muncul kesalahan saat membuka filenya.

Mengatasi Windows Media Player tidak bisa memutar file

Untuk Anda yang memang mengalami masalah serupa, maka di bawah ini Anda bisa melihat beberapa cara untuk bisa mengatasi hal tersebut.

  1. Install semua update Windows yang tersedia

Saat Windows 10 mengalami update, beberapa pengguna mungkin mengalami kesalahan atau kegagalan update tersebut. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab adanya beberapa kesalahan saat membuka file tertentu dengan aplikasi yang ada. Untuk Anda yang memang ingin melakukan update, maka silahkan Anda buka update Micrsoft lalu install semua update yang tersedia. Anda pun tentunya perlu mengecek untuk update driver, file code dan lainnya.

  1. Memeriksa file

Cara yang kedua ini Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan terhadap file tersebut. Pemeriksaan ini meliputi nama file dan juga ekstensinya. Hal ini memang membutuhkan beberapa trik untuk bisa mengatasinya. Untuk beberapa trik tersebut silahkan Anda simak selengkapnya di bawah ini:

  • Kalau ternyata terdapat spasi antara nama file dan ekstensi file, maka Anda harus menghapus spasi tersebut.
  • File yang ingin Anda putar kemungkinan tidak terdapat di dalam daftar playlist di Windows Media Player, untuk itu Anda bisa membuat daftar tersebut.

  • Untuk membuat daftar playlist di Windows Media Player sangatlah mudah. Anda buka Windows Media Player terlebih dulu, kemdian klik pada tombol yang bertuliskan Selanjutnya, pada bagian panel tengah Anda akan melihat tulisan Click here to create a playlist. Silahkan Anda klik bagian tersebut untuk membuat daftar playlist, kemudian Anda tinggal memasukkan musik atau pun video.

Nah, itulah sedikit tips dari kami untuk mengatasi file yang tidak bisa diputar di Windows Media Player untuk Windows 10. Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY