Saat Anda ingin terhubung ke jaringan di PC atau laptop Windows 10, maka Anda pun di awal akan langsung disuguhi pilihan untuk Network Profile, mulai dari Public, Home, atau Private. Ini semua ditujukan untuk tingkat keamanan pada sistem operasi Windows saat terhubung ke jaringan tertentu. Fitur Network Profile ini pun nantinya bisa Anda gonta-ganti sesuai dengan kebutuhan Anda.

Akan tetapi, beberapa pengguna sistem operasi Windows 10 ternyata sempat mengeluhkan kalau fitur tersebut menghilang atau tidak berfungsi, sehinga tidak bisa mengubah Network Profile tersebut dari Public menjadi Private. Kalau Anda termasuk pengguna komputer sistem operasi Windows 10 yang mengalami masalah serupa, maka artikel ini bisa membantu dalam mengatasinya.

Cara memperbaiki Network Profile yang Hilang dari Windows 10

Masalah seperti ini memang kadang terjadi dan dialami oleh beberapa pengguna secara acak. Sehingga, membuat Anda bingung dan panik, karena tidak bisa mengganti profil jaringan saat berada di tempat umum. Pengaturan pada fitur ini bisa Anda temukan pada Settings > Network and Internet > Ethernet. Kalau saat membuka halaman tersebut, dan Anda memang tidak bisa menemukan pengaturan Network Profile, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

  1. Ubah Network Profile menggunakan PowerShell

Karena pada halaman Settings Windows tidak tersedia Network Profile, maka Anda bisa memanfaatkan fitur lainnya yang bernama PowerShell untuk mengubah Network Profile tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan tekan tombol WIN + X dan kemudian pilih PowerShell (Admin). Lalu, klik pada opsi Yes saat ada pop up UAC yang muncul.
  • Selanjutnya, silahkan Anda ketikkan perintah Get-NetConnectionProfile dan tekan tombol Enter untuk menjalankannya. Perintah ini untuk mendapatkan nomor indeks yang akan di gunakan pada perintah kedua.
  • Setelah nomor indeks tersebut Anda dapatkan, maka lanjutkan dengan mengetikkan perintah Set-NetConnectionProfile -InterfaceIndex <index number> -NetworkCategory Private, dan akhiri dengan tombol Enter.
  • Setiap profil jaringan memiliki nomor indeks. Untuk mengidentifikasi jaringan yang ingin Anda ubah, periksa label “Name”. Dalam kasus saya, Network dan nomor indeks adalah 14.
  1. Ubah Network Profile menggunakan Regedit

  • Walaupun memang PowerShell tersebut bisa berfungsi dengan baik, tapi kalau Anda lebih mudah dalam menggunakan Regedit, maka Anda bisa mencoba cara ini. Pastikan saja Anda sudah membackup regedit sebelum melakukan pengeditan.
  • Tekan tombol Win + R untuk membuka kolom RUN. Kemudian, ketik regedit pada kolom RUN tersebut dan tekan tombol Enter untuk membuka jendela Registry Editor.
  • Setelah halaman regedit terbuka, silahkan Anda menuju ke halaman berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\NetworkList\Profiles
  • Selanjutnya, Anda tinggal mencari key yang bertuliskan
  • Setelah Anda menemukannya, pada halaman folder tersebut, silahkan Anda cari key Category.
  • Klik dua kali pada key tersebut dan kemudian silahkan Anda ubah nilainya dari 0 ke 1 untuk mengubah profil Public ke Private.

Cara regedit ini memang sedikit rumit dibandingkan PowerShell di atas. Tapi, itu tergantung dari Anda sendiri, mana yang lebih cocok dan mudah untuk Anda gunakan.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY