Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10 mungkin sering bertanya-tanya mengenai kapasitas hardisk komputer Anda yang semakin hari semakin menipis. Kenapa bisa seperti itu? Ada banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab masalah tersebut. Namun, tidak ada penyebab pasti kenapa hal ini bisa terjadi. Beberapa kemungkinan yang pernah Saya temukan terkait masalah ini, seperti komputer terkena malware, folder WinSxs yang membengkak, pengaturan Hibernation, sistem operasi mengalami corrupt, system restore, temporary files, file yang tersembunyi, dan lain sebagainya.

Biasa Saya menemukan masalah ini pada dua skenario penyimpanan data, yaitu sebagai berikut:

  1. Drive system (C:\) yang cepat penuh
  2. Drive D atau yang biasa digunakan untuk menyimpan yang terisi sendiri

Masing-masing skenario tersebut memiliki penyebab dan juga langkah penyelesainnya sendiri.

Hardisk terus terisi dengan sendirinya secara otomatis

Untuk drive c atau system memang kadang terisi secara otomatis, dikarenakan beberapa hal. Misalnya saja, menginstall software atau meng-uninstall software itu bisa menjadi penyebab folder WinSxS menjadi membengkak, serta file dll yang sendiri. Di samping itu pula, Anda perlu melakukan pengecekan pada ruang yang telah Anda alokasikan untuk system restore, serta menonaktifkan file Hibernation. Namun, yang paling jarang diketahui dan diperhatikan oleh para pengguna komputer itu adalah file log di komputer yang dihasilkan oleh error pada sistem operasi.

Biasanya, untuk membantu proses pengecekan pada hardisk, Saya menggunakan software yang bernama Disk Space Analyzer untuk mencari tahu folder dan drive mana yang mengkonsumsi ruang berlebihan. Software ini bisa Anda cari melalui internet dan bisa didownload secara gratis.

Jika memang Anda sudah mengetaui letak folder atau drive yang membengkak dan terus terisi dengan sendirinya, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Mengatasi drive C yang terisi dengan sendirinya

Untuk poin yang pertama ini khusus untuk drive c (system) yang selalu cepat penuh karena terisi dengan sendirinya.

  • Mengelola pengaturan Hibernation

Silahkan Anda tekan tombil Win + X pada keyboar, lalu pilih opsi Command Prompt (Admin). Jika muncul notifikasi User Account Control, maka silahkan Anda tekan saja tombol Yes. Setelah halaman CMD sudah terbuka, maka selanjutnya Anda lanjut dengan mengetikkan perintah berikut untuk mematikan pengaturan Hibernation.

powercfg.exe /hibernate off

Setelah perintah tersebut berjalan, silahkan Anda tutup jendela CMD tersebut.

  • Lakukan pembersihan folder WinSxS

Untuk menemukan folder WinSxs ini, silahkan Anda lakukan pencarian pada di start menu Windows Anda. Untuk bagian ini, silahkan Anda baca artikel sebelumnya yang berjudul “cara membersihkan folder WinSxS di Windows”.

  • Periksa software yang diinstal

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan mengecek software yang sudah Anda install, apakah ada yang mengalami error. Karena, software yang error seperti ini memang bisa meninggalkan jejak berupa file log yang cukup banyak. Kalau sudah menemukannya, silahkan Anda melakukan perbaikan pada software tersebut.

2. Mengatasi drive C dan D yang selalu terisi dengan sendirinya

Untuk poin yang kedua ini ditujukan untuk drive C dan D yang selalu terisi dengan sendirinya.

  • Memperbaiki file system yang corrupt

Pertama-tama, silahkan Anda tekan tombol Win + X, lalu pilih Command Prompt (Admin). Setelah halaman CMD tersebut terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah di bawah ini:

chkdsk <Partition Letter> /f /v /x

Partition Letter Anda ganti dengan nama drive (C / D), yang ingin lakukan pemeriksaan. Kalau Anda mendapatkan pesan “Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Would you like the schedule this volume to be checked the next time the system restarts? (Y/N)”.

Silahkan saja Anad tekan tombol huruf Y pada keyboard, dan komputer Anda pun akan langsung restart dan proses pengecekan hardisk pun akan di mulai pada saat startup.

  • Mendeteksi dan menghapus malware

Untum melakukan pengecekan pada malware, sebaiknya Anda menggunakan antivirus khusus. Atau Anda bisa menggunakan antivirus bawaan di Windows 10, yaitu Windows Defender.

  • Mengelola kapasitas system restore

Silahkan Anda klik kanan pada This PC (My Computer), lalu pilih Properties. Pada bagian panel kiri, silahkan Anda klik System Protection. Pada halaman baru yang muncul, silahkan Anda klik Configuration, tapi pilih dulu drive yang ingin Anda konfigurasi. Pada halaman baru yang muncul, pada bagian bawah yang bernama Disk Space Usage, Anda dapat memindahkan slider untuk kapasitas maksimal yang bisa digunakan saat membuat system restore.

Anda pun bisa memilih tombol Delete untuk menghapus titik system restore yang sudah Anda buat sebelumnya. Selanjutnya, silahkan Anda klik tombol Apply dan OK untuk menerapkan perubahan.

  • Jalankan Disk Cleanup Utility

Untuk bagian ini, silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya berjudul “cara membersihkan file-file sampah di hardisk dengan cepat dan mudah”.

  • Cari file yang tersembunyi

Kalau Anda atau anggota keluarga yang menggunakan komputer tersebut memang pernah menyembunyikan file, maka silahkan Anda cari file tersebut lalu hapus atau pindahkan ke penyimpanan eksternal.

  • Hapus temporary internet

Untuk Anda yang memang sering menggunakan komputer internetan maka folder temporary internet pasti akan banyak terisi. Untuk membersihkan file-file tersebut, maka silahkan Anda putuskan dulu sambungan internet dengan komputer. Setelah itu, tekan tombol Win + R, lalu ketikkan %temp% pada menu RUN tersebut dan tekan tombol Enter untuk membuka halaman temporary files tersebut. Jika sudah berada di dalam folder tersebut, maka silahkan Anda hapus semua isi file yang ada di dalamnya.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah hardisk yang cepat penuh karena selalu terisi dengan sendirinya atau secara otomatis. Kalau Anda memiliki pendapat lain atau pertanyaan seputar artikel tersebut, maka silahkan Anda tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY