Saat ada perangkat eksternal baru seperti printer, scanner, dan lainnya terhubung ke perangkat komputer Windows 10 melalui port USB atau port lainnya, maka sistem akan mengharuskan Anda untuk menginstall driver untuk perangkat tersebut. Untuk beberapa perangkat, biasanya memiliki driver yang sudah include ke dalam sistem operasi operasi, seperti flashdisk atau hardisk eksternal. Sehingga, Anda pun tidk perlu lagi menginstall driver secara terpisah.

Namun, pada beberapa kasus, driver tersebut ternyata tidak bisa diload oleh sistem dengan pemberitahuan seperti berikut ini:

“Windows cannot load the Device Driver for this hardware because a previous instance of the Device Driver is still in memory (Code 38).”

Cara mengatasi Windows tidak dapat load driver (code 38)

Kalau Anda termasuk pengguna Windows 10 yang mengalami hal serupa dan merasa terganggu akan hal tersebut, maka Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini. Namun, sebelum kita beralih untuk menyelesaikan masalahnya, maka kita perlu untuk mencari tahu apa beberapa penyebab masalah ini:

  • Versi driver yang tidak pernah update
  • Driver USB mungkin tidak diupdate
  • Ada program pihak ketiga yang mengganggu proses instalasi

Cara yang paling awal yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan melakukan restart komputer. Tapi, kalau cara restart ini masih belum bisa menyelesaikan masalahnya, maka Anda bisa melanjutkan beberapa cara di bawah.

1. Hapus instalan driver sebelumnya dan instal versi yang lebih baru

Untuk mendapatkan update terbaru dari versi driver komputer Anda, maka Anda bisa mencarinya di halaman website produsen langsung. Sebelum Anda menginstall versi terbaru, pastikan dulu Anda telah menghapus atau uninstall versi sebelumnya.

2. Gunakan fitur Hardware and Devices Troubleshooter

Fitur yang bernama Hardware and Devices Troubleshooter ini sudah ada pada versi Windows 7 sebelumya, tapi lebih disempurnakan lagi pada Windows 10. Untuk menemukan fitur tersebut, silahkan Anda klik Start menu > Settings > Updates & Security > Troubleshoot. Lalu, klik Run pada menu yang berlabel Hardware and Devices Troubleshooter.

3. Instal ulang driver USB

Driver USB ini biasanya sudah include pada sistem. Tapi, kalau memang ini adalah masalahnya, maka Anda bisa menguninstall driver tersebut lalu install kembali. Tekan tombol Win + X, lalu pilih Device Manager. Setelah itu, klik satu kali pada Universal Serial Bus Controller untuk membuka daftar driver USB Anda. Kemudian, silahkan Anda klik kanan pada satu persatu masing-masing driver tersebut, lalu pilih Update driver.

4. Lakukan clean boot

Cleang boot ini sudah pernah Saya bahas beberapa kali pada artikel-artikel sebelumnya. Untuk Anda yang memang belum tahu mengenai clean boot tersebut, silahkan Anda buka artikel yang berjudul “cara clean booting di Windows 10”.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi error driver code 38 di windows 10. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkannya pada kolom komentar di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY