Perkembangan teknologi komputer saat ini sudah semakin jauh. Saya sendiri sangat merasakan hal tersebut. Karena, memang Saya masih teringat dengan PC pertama Saya di tahun 200 7 lalum yang menggunakan processor AMD Athlon dengan 2 core serta media penyimpanan yang hanya 128GB, yang mana saat itu memang sudah cukup stabil digunakan untuk bermain game.

Akan tetapi, saat ini PC-PC sudah menggunakan processor dengan 4 core dan bahkan sudah ada yang menggunakan 8 hingga 12 core. Untuk yang sudah 12 core memang masih sangatlah jarang, dikarenakan harganya itu mencapai angka puluhan juta rupiah. Sedangkan, untuk processor 4 core dengan 8 core itu perbedaan harganya sangatlah tipis. Untuk itulah, kenapa Saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan processor 8 core saja dibandingkan yang masih 4 core.

Core atau inti pada processor itu sangatlah dibutuhkan dalam pemrosesan yang lebih cepat dan lebih optimal untuk program dan juga game-game terbaru saat ini. Selain alasan tersebut, di bawah ini masih ada 5 alasan lagi yang harus Anda ketahui mengenai, kenapa penggunaan processor 8 core itu sangat penting.

1. DirectX 12 akan lebih optimal di 8 core

Saat ini, hampir semua game-game terbaru menggunakan standar API DirectX 12. Standar tersebut tentunya mengikuti perkembangan dunia grafis saat ini yang memang sudah sangat gila-gila-an. Bahkan, untuk membedakan antara game dan film itu sudah cukup sulit dengan teknologi grafis yang semakin bagus. Dulunya game dengan standar API DirectX 11 memang cukup terkenal, dan optimal bekerja pada processor atau CPU 4 core.

Namun, kini kehadiran API DirectX 12 ini lebih fokus dan optimal untuk processor dengan jumlah core sebanyak 8. Apalagi kalau game-game terbaru nantinya, mengharuskan Anda untuk menggunakan 8 core, maka Anda mau tidak mau harus mengupgrade PC juga kan? Anda mau ketinggalan game terbaru? Gak mau kan!

2. Harganya sudah cukup terjangkau

Processor dengan 8 core saat masih 4 core menjadi andalan para gamer memang sangatlah mahal. Bahkan, ada yang sampai puluhan juta rupiah. Tapi, dengan perkembangan dunia teknologi yang ada saat ini, maka processor dengan 8 core ini pun menjadi semakin murah dan juga terjangkau. Salah satu produsen processor yang ternama, yaitu AMD dan juga merupakan saingan dari Intel, sudah menjual processor 4, 6, hingga 8 corenya dengan harga yang sangatlah terjangkau. Bahkan, harganya itu berada 50% di bawah dari processor Intel.

Untuk masalah performanya sendiri, processor dari AMD tentunya tidak kalah hebat juga. Sedangkan untuk Anda yang memilih processor Intel dengan 8 core atau 4 core tapi Hyperthreading, maka Anda harus mengeluarkan dana 2 kali lipat dari processor AMD.

3. Sangat cocok untuk Gamer Youteber

Para Youtuber yang berhasil dengan jutaan subscriber itu kebanyakan memulai karirnya dengan bermain game. Sebut saja salah satunya yang paling terkenal di seluruh dunia untuk pecinta Youtube, yaitu PewDiePie. Youtuber yang satu ini memulai karirnya di Youtuber dengan merekam setiap permainan game yang dia mainkan, kemudian menguploadnya ke Youtube. Jumlah subscribernya pun saat ini adalah paling terbanyak di sepanjang sejarah Youtube. Bahkan, pihak Youtube harus membuatkan plakat atau piagam tersendiri untuk PewDiePie, karena batasan plakat yang disediakan oleh pihak Youtube itu memang tidak sampai pada pencapaian oleh PewDiePie tersebut, yaitu di atas 50 juta subscriber.

Nah, banyak Youtuber Indonesia yang juga mengikuti karir dari PewDiePie ini dengan bermain game, kemudian direkam, lalu diupload ke Youtube. Kalau Anda memang juga ingin mengikuti karir dari para Gamer Youtuber tersebut, maka Anda sebaiknya memilih processor dengan 8 core. Processor 8 core ini akan membuat permainan game Anda lebih optimal walaupun sambil merekam atau pun streaming.

4. Proses instalasi program atau game lebih cepat

Penggunaan processor dengan jumlah core yang banyak tentunya akan membuat kinerja dari komputer semakin optimal dan lebih cepat pastinya. Apalagi saat ini, program-program sudah mencapai kapasitas gigabyte(GB). Bahkan, untuk game sendiri sudah ada yang sampai ratusan GB, yang tentunya akan memakan waktu cukup lama dalam proses instalasinya, kalau menggunakan processor 2 atau 4 core saja.

Tapi, kalau Anda sudah menggunakan processor dengan 8 core, maka proses instalasi dari game tersebut sudah pasti akan lebih cepat. Belum lagi, kalau memang PC gaming Anda ini sudah dilengkapi dengan media penyimpanan SSD dan juga RAM yang tinggi, maka hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja untuk instalasi game ratusan GB tersebut.

5. Lebih awet dan sudah mengikuti perkembangan jaman

Processor dengan tingkatan atau jumlah core yang tinggi memang sudah sangat diperlukan di saat ini. Melihat program dan juga game-game saat ini yang membutuhkan langkah pemrosesan yang lebih cepat, maka jumlah core pada processor tentunya akan sangat berpengaruh. Walaupun memang processor dengan 2 dan 4 core itu masih bisa digunakan. Tapi, untuk tahun-tahun berikutnya, processor dengan 2 dan 4 core tersebut pastinya akan ditinggalkan, dan beralih ke 8 core ke atas.

Untuk itu, bagi Anda yang memang ingin mengikuti perkembangan jaman saat ini, kebutuhan processor 8 core haruslah Anda penuhi pada PC Anda. Selain itu, penggunaannya pun pasti akan cukup lama, seperti saat kemunculan processor 4 core di jaman 2 core, yang bisa digunakan dalam waktu cukup lama juga.

Nah, itulah 5 alasan dari Saya, kenapa Anda harus menggunakan processor 8 core saat ini. Kalau Anda memang ingin memberikan komentar atau tambahan pada artikel ini, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar saja ya!

LEAVE A REPLY