Menginstall sistem operasi memang hal yang membosankan. Tapi, tentunya wajib dilakukan untuk komputer baru. Saat Anda membeli hardisk atau SSD baru, dan ingin memindahkan sistem operasi tersebut ke dalamnya, maka Anda tidak perlu lagi menginstall seperti di awal. Misalnya saja, sistem operasi tersebut adalah Windows 10, maka Anda bisa membaca artikel ini hingga selesai untuk mengetahui caranya.

Cara memindahkan Windows 10 ke hardisk eksternal

Kalau Anda memiliki hardisk eksternal, maka Anda tidak perlu lagi menginstall sistem operasi Windows 10 baru ke SSD atau hardisk baru. Karena, Anda cukup memindahkan Windows 10 dari hardisk sebelumnya, ke hardisk eksternal, untuk nantinya dipindahkan kembali ke SSD atau hardisk baru Anda. Jadi, cara kerjanya itu seperti sebuah salinan (copy) dari Windows 10 Anda. Sangat berguna untuk Anda yang ingin menginstall sistem operasi Windows 10 ke banyak komputer.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buat backup Windows 10 menggunakan fitur Create System Image

  • Pasang hardisk eksternal Anda ke komputer.
  • Langsung buka halaman Command Prompt, lalu ketikkan sdclt.exe, dan tekan tombol enter, untuk membuka halaman Backup & Restore Windows.
  • Berikutnya, klik pada opsi Create a system image di sisi kiri atas.
  • Pada halaman Create System image wizard, Anda bisa memilih untuk membuat backup files pada hard disk, DVD, atau network location.
  • Selanjutnya, silahkan Anda pilih hardisk eskternal yang telah terpasang.

2. Menginstall Windows 10 ke hardisk atau komputer baru

Setelah sistem image Windows 10 tersimpan di hardisk eksternal, maka silakan Anda pasang hardisk baru ke komputer Anda. Pastikan hardisk yang sebelumnya terinstall Windows 10 tetap terpasang. Di samping itu, hardisk baru tersebut harus memiliki ukuran yang sama, atau lebih besar dengan hardisk yang telah terinstall Windows 10 sebelumnya. Anda pun tidak perlu lagi membuat partisi, karena metode ini adalah cloning, jadi akan mengikuti partisi pada hardisk sebelumnya.

3. Restore System Image menggunakan Advanced Recovery

Setelah semua perangkat siap, Anda juga menyiapkan Windows 10 yang bisa booting, baik menggunakan flashdisk atau pun DVD. Ini digunakan untuk memanggil System Recovery Image yang telah kita di dalam hardisk eksternal sebelumnya. Jadi, silahkan Anda booting menggunakan flashdisk atau DVD Windows 10, dan masuk ke mode Advanced Recovery. Selanjutnya, silahkan Anda pilih opsi Repair your computer, lalu System Image Recovery dan Anda tinggal mengikuti setiap instruksi di layar. File sistem image pun akan ditemukan secara otomatis, dan Anda tinggal mengklik tombol Next, lalu pilih install System image. Proses ini akan menghapus media penyimpanan sepenuhnya dan membuat partisi yang sesuai seperti hardisk yang dicloning, kemudian mengembalikan OS dan file.

Setelah selesai, silahkan Anda lepaskan flashdisk atau DVD instalasi Windows 10, sehingga hardisk atau SSD cloningan tersebut bisa booting.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY