BIOS merupakan sistem operasi komputer yang tertanam pada masing – masing motherboard Anda. Sistem operasi ini memagn diciptakan untuk melakukan setting input dan output pada komputer. Jadi, jangan pernah mengatakan kalau komputer atau laptop yang Anda beli tersebut masih kosong dan tidak memiliki sistem operasi. Karena, semua komputer dan laptop yang memiliki motherboard pasti memiliki BIOS. Nah, kenapa BIOS ini harus ada pada setiap motherboard? Ini sebagai sistem untuk mengenali setiap perangkat komputer yang melekat pada motherboard, yang dapat Anda setting sesuai kebutuhan.

Beberapa masalah pada hardware komputer biasanya terdapat pada pengaturan setting BIOS yang berubah. Dan, jika masalah itu terjadi salah satu cara yang paling aman adalah dengan mereset BIOS Anda. Berikut beberapa masalah yang mengharuskan Anda mereset BIOS.Cara Aman Reset Setting BIOS PC oleh segiempat 3

  1. Kesalahan dalam pengaturan BIOS pada awalnya sehingga Anda tidak bisa login windows atau sistem operasi GUI. Atau mungkin ada kesalahan setting waktu komputer Anda yang selalu kembali ke tanggal awal pembuatan motherboard Anda.
  2. Upgrade dan downgrade hardware diperlukan pengaturan kembali untuk mendeteksi hardware yang baru terpasang tersebut. Tapi, pada motherboard – motherboard terbaru jaman ini fitur autodetection sudah terpasang, sehingga motherboard Anda dapat dengan mudah untuk meload dan mengenal hardware baru terpasang tersebut.
  3. BIOS terpasword yang membuat Anda tidak bisa lanjut booting ke sistem operasi GUI komputer.Cara Aman Reset Setting BIOS PC oleh segiempat 1

Nah, jika Anda mendapatkan permasalahan seperti diatas. Berikut beberapa tips aman ketika Anda melakukan reset BIOS komputer Anda.

  • Matikan full komputer Anda, yaitu dengan mencabut semua aliran listrik yang terhubung ke komputer Anda. Baik itu dari monitor yang masih terpasang dengan listrik atau pun dari UPS.
  • Tunggu hingga beberapa menit (10 – 15 menit). Karena, biasanya power supply memiliki daya penyimpanan walaupun tidak banyak. Bukan pada power supply saja tapi, motherboard juga masih menyimpan daya listrik tersebut pada kapasitor – kapistornya.
  • Setelah Anda memastikan bahwa sudah tidak ada lagi aliran listriknya silahkan buka casing komputer Anda. Lihat pada motherboard Anda dan cari tombola tau jumper BIOS yang bertuliskan CLR CMOS. Untuk dengan mudah menemukannya, lihat saja dekat baterai CMOS atau socket power motherboard.
  • Jika, clear CMOS Anda menggunakan tombol, Anda cukup menekan tombolnya sekali saja. Dan, jika menggunakan jumper, biasanya terdapat 3 pin. Pindahkan saja pinnya tersebut ke dua pin terakhir, kemudian pindahkan kembali keposisinya semula.
  • Untuk motherboard terbaru saat ini sepertinya fitur jumper tersebut sudah jarang ditemukan. Kebanyakan hanya menggunakan tombol atau bahkan tidak ada sama sekali. Jadi, Anda cukup mencabut baterai CMOS untuk mereset settingan dari BIOS Anda.
  • Setelah Anda melakukan semua itu, silahkan pasang kembali semua power dan coba untuk menhidupkan PC Anda. Silahkan masuk BIOS Anda dan setting ulang semuanya. Dan login kembali ke Windows atau OS yang Anda gunakan. Jika, masih error sebaiknya coba ganti baterai CMOS Anda. Dan, jika masih error juga cara terbaik adalah ganti motherboard Anda.

Selamat mencoba semoga berhasil tanpa hambatan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY