Sistem operasi Windows hanya memberikan 1 lisensi pada 1 komputer saja. Hal ini tentunya menjadi pertanyaan bagi Anda yang baru saja membeli komputer baru, dan tetap ingin menginstall Windows sebelumnya di komputer terbaru tersebut dengan lisensi yang sama.

Jika Anda memiliki komputer Windows 10 dengan lisensi yang valid, tetapi ingin menginstal lisensi yang sama pada komputer Windows 10 yang baru, maka Anda bisa melakukannya dengan mengikuti beberapa langkah-langkah berikut ini. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan, yaitu:

  1. Jika Anda telah pemiliki sebenarnya lisensi Windows 10 tersebut, Anda bisa mentransfernya ke komputer lain. Windows 10 Anda tersebut nantinya akan termasuk sebagai copy, dan lokasi Anda pun akan tercatat sebagai pemiliki asli.
  2. Jika Anda membeli laptop atau komputer desktop yang di dalamnya sudah terinstall sistem operasi Windows 10 sebagai OS OEM pra-instal, maka lisensi tersebut tidak bisa Anda transfer lagi. Karena, OEM tersebut sudah terhubung ke hardware komputer tersebut.

Kalau Anda sudah memahami hal tersebut, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawha ini untuk mentransfer lisensi Windows 10 Anda ke komputer yang baru Anda beli.

Transfer lisensi Windows 10 ke komputer lain

Hal mendasar yang perlu Anda lakukan terlebih dulu di sini adalah dengan menghapus lisensi yang saat ini ada pada komputer lama Anda. Anda bisa melakukan proses penghapusan tersebut melalui perintah Command Prompt (CMD).

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih Command Prompt (Admin) dari daftar menu yang muncul. Kemudian, jalankan perintah vbs /upk, untuk menghapus serial atau lisensi product key Windows 10 tersebut di komputer lama Anda.

  • Anda akan melihat jendela Windows Script Host dengan pesan yang bertuliskan Uninstalled product key successfully.

  • Langkah berikutnya, silahkan Anda install Windows 10 di komputer baru Anda, dan saat proses penginputan Product Key, Anda harus memilih I don’t have a product key. Jadi, Anda tidak perlu memasukkan lisensi tersebut di halaman ini., walaupun Anda memang memiliki serial number atau product key aslinya saat ini.

Setelah instalasi selesai, buka Command Prompt (admin) dan masukkan perintah slmgr.vbs /ipk your product key menginstal Product Key.

  • Ganti tulisan Your product key dengan serial number atau product key asli dari Windows 10 Anda tersebut.

Akhir kata

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memindakan lisensi dari Windows 10 Anda ke komputer yang baru. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY