Saat Anda baru saja membeli laptop baru tentunya Anda perlu melakukan beberapa pengaturan tambahan sebelum menggunakannya. Salah satu pengaturan yang penting untuk Anda lakukan adalah dengan menghubungkan laptop tersebut dengan internet, melalui WiFi (Hotspot). Namun, jika Anda termasuk sebagai pengguna baru sistem operasi Windows 10 yang saat ini terinstall pada laptop Anda, mungkin Anda akan sedikit bingun bagaimana memulai hal tersebut.

Sebenarnya, tampilan pada Windows 10 itu tidak jauh berbeda dengan Windows 10. Untuk WiFi sendiri misalnya, yang bisa Anda akses dengan mudah melalui tray icon. Tapi, kalau Anda memang masih bingung dan ragu untuk mengutak-atik laptop Windows 10 terbaru Anda, maka Anda bisa membaca artikel ini hingga selesai.

Cara menghubungkan WiFi laptop Windows 10 ke hotspot

Di sini Saya akan memberikan 2 cara untuk menghubungkan WiFi laptop Windows 10 Anda tersebut dengan hotspot yang tersedia di tempat Anda. Silahkan Anda ikuti cara-caranya di bawah ini:

  1. Terhubung ke otomatis ke hotspot

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + A pada keyboard untuk membuka halaman Action Center.
  • Setelah itu, silahkan Anda klik ikon WiFi yang ada di daftar tersebut.
  • Anda pun nantinya akan melihat daftar hotspot yang berhasil dideteksi oleh laptop Anda.
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik pada hotspot yang ingin Anda hubungkan.
  • Kemudian, pastikan Anda memberikan tanda centang pada opsi Connect Automtically, agar nantinya hotspot tersebut menjadi prioritas dan langsung terhubung secara otomatis ke laptop Anda saat Anda menyalakan laptop.
  • Lalu, klik tombol Connect, dan masukkan password dari hotspot tersebut, lalu klik tombol Next.

Kalau password yang Anda masukkan sudah benar, maka Anda pun pasti sudah terhubung ke hotspot tersebut.

  1. Terhubung ke hotspot secara manual

Cara kedua ini ditujukan untuk Anda yang tidak terlalu gila internet, atau ingin mengurangi pengguna internet pada laptop Anda. Di mana koneksi WiFi internet memang akan cukup boros dalam menguras baterai pada laptop. Untuk itu, Anda bisa menggunakan mode manual untuk terhubung ke hotspot tersebut dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Silahkan Anda klik pada ikon WiFi yang ada di sudut kanan bawah, dekat jam.
  • Klik pada nama hotspot yang terhubung ke laptop Anda tersebut, lalu klik tombol turn WiFi back on.
  • Setelah itu Anda pun bisa memilih opsi Ini sesuai keinginan Anda, mulai dari Manual, 1 jam ke depan, 4 jam ke depan atau mungkin keesokan harinya barua Anda ingin terhubung kembali.
  • Kalau Anda memilih opsi Manually, maka setiap Anda menyalakan laptop, maka Anda harus mengklik ikon WiFi tersebut, lalu klik tombol Connect secara manual.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan konfigurasi jaringan WiFi laptop Windows 10 Anda dengan hotspot di tempat Anda. Kalau Anda memiliki pertanyaan atau tambahan seputar artikel di atas, jangan ragu untuk menulikannya pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY