Sistem operasi Windows memiliki kelebihan untuk mengamankan setiap data-data yang sedang Anda kerjakan. Di mana hal ini memang sudah diterapkan pada semua versi Windows, hingga pada Windows 10 saat ini. Misalnya, saja saat Anda ingin melakukan shutdown atau restart, baik itu secara sengaja atau pun tidak sengaja, maka sistem operasi Windows 10 akan memberikan pesan peringatan untuk menutup program yang sedang terbuka.

Bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas, atau pun dokumen penting pada program Office atau pun lainnya, maka Windows pun akan memberikan peringatan untuk menutup dan menyimpan pekerjaan sebelum melanjutkan proses shutdown atau restart. Namun, tidak sedikit juga pengguna mengeluhkan hal tersebut, di mana ini dianggap memperlambat proses shutdown komputernya.

Peringatan tutup aplikasi saat shutdown komputer

Memang terkadang ada beberapa program yang tidak terlihat atau berjalan di background yang menghalangi proses shutdown pada komputer. Hal inilah yang kadang menjadi kendala Windows Anda menjadi terhalang untuk melakukan shutdown. Apalagi kalau Anda memang sedang terburu-buru atau mengatur waktu shutdown otomatis, maka ini proses shutdown pun biasanya akan terhambat, dan menunggu Anda untuk mengklik tombol peringatan tersebut untuk melanjutkan proses shutdown.

Sebenarnya ini adalah fitur yang cukup penting untuk pengguna, di mana mereka diingatkan untuk menyimpan pekerjaan sebelum melakukan shutdown. Tapi, kalau Anda memang merasa fitur tersebut terlalu menghambat, maka beberapa cara di bawah ini bisa Anda coba untuk mematikan fitur tersebut.

Cara menonaktifkan shutdown prompt di Windows 10

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + R pada keyboard secara bersamaan untuk membuka jendela RUN.
  • Selanjutnya, silahkan Anda ketikkan regedit pada kolom RUN yang tersedia tersebut untuk membuka jendela Registry Editor.
  • Jika halaman Regedit sudah terbuka, silahkan Anda menuju ke halaman berikut ini:

HKEY_CURRENT_USER > Control Panel > Desktop

  • Pada panel bagian kanan halaman Desktop tersebut, silahkan Anda klik kanan pada ruang kosong dan pilih New > String Value.

  • Kemudian, Anda beri nama pada String baru tersebut sebagai AutoEndTasks.

  • Jika file AutoEndTasks ini sudah muncul, silahkan Anda klik dua kali dan isi Value dengan angka 1 (satu).

  • Selanjutnya, Anda klik pada tombol OK untuk menyimpan perubahan, lalu tutup jendela Registry Editor Anda.
  • Untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan pada regedit, maka Anda perlu melakukan restart pada komputer.

Akhir kata

Nah, seperti itulah cara yang paling mudah untuk menghilangkan pesan atau peringatan menutup aplikasi sebelum proses shutdown atau restart dilanjutkan di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

 

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY