Pada Windows 10, Anda sudah mendapatkan media penyimpanan online atau lebih dikenal dengan cloud. Cloud yang digunakan di sini adalah OneDrive yang merupakan cloud dari Microsoft langsung. Folder OneDrive tersebut pun bisa Anda lihat pada halaman Explorer Windows 10 Anda.

OneDrive ini sendiri memiliki fungsi yang hampir sama dengan Google Drive, yang bisa membantu Anda untuk membackup data ke media penyimpanan online. Sehingga, Anda pun bisa dengan mudah mengakses data tersebut di mana pun dan kapan pun, tanpa harus berada di depan komputer. Akan tetapi, beberapa pengguna Windows 10 sendiri ternyata merasa terganggu dengan keberadaan folder OneDrive tersebut, termasuk Saya sendiri.

Maka dari itu, Saya mencari cara untuk bisa menghapus folder OneDrive tersebut dari laptop Windows 10 Saya, dan ternyata berhasil. Kalau Anda memiliki masalah yang sama dengan Saya, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk menghapus folder OneDrive tersebut dari halaman Explorer Windows 10 Anda.

Cara menghapus folder OneDrive di halaman Explorer Windows 10

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan membuka halaman Registry Editor (regedit). Cara untuk membuka halaman Registry Editor ini bisa melalui kolom pencarian di Start Menu Windows, atau bisa juga melalui menu Run, lalu ketikkan regedit.
  • Setelah halaman regedit tersebut terbuka, maka silahkan Anda menuju ke tab HKEY_CLASSES_ROOT \ CLSID \ {018D5C66-4533-4307-9B53-224DE2ED1FE6}. Kalau Anda bingung mencari alamat folder tersebut, maka Anda tekan saja tombol CTRL + F untuk membuka menu pencarian. Selanjutnya masukkan nama lokasi terakhir, yaitu 018D5C66-4533-4307-9B53-224DE2ED1FE6.
  • Setelah halaman tersebut terbuka, maka silahkan Anda perhatikan pada panel bagian kanan. Pada panel tersebut, silahkan Anda klik 2 kali pada menu System.IsPinnedToNameSpaceTree . Lalu, Anda tinggal mengganti value dari angka “1” menjadi “0”. Kalau sudah selesai, maka langsung saja Anda klik tombol OK untuk menyimpan perubahan yang sudah Anda lakukan tersebut.

  • Jika semua pengaturan sudah sesuai, silahkan Anda tutup jendela Registry Editor, dan semua jendela yang terbuka.
  • Selanjutnya, untuk menerapkan perubahan yang telah Anda lakukan pada jendela Registry Editor tersebut, maka perlu melakukan restart pada komputer Windows 10 Anda.
  • Jika Anda melakukan restart dan komputer Anda pun sudah aktif kembali, maka silahkan Anda masuk ke dalam halaman Explorer untuk mengecek keberadaan folder OneDrive tersebut. Kalau ternyata foldernya sudah hilang, maka Anda sudah melakukan langkah-langkah yang tetap seperti di atas.

Penutup

Nah, itulah beberapa langkah mudah dan simpel untuk mengilangkan folder OneDrive pada halaman Explorer di Windows 10 Anda. Sangat mudah bukan? Kalau Anda memiliki cara lain, tambahan, atau pun pertanyaan seputar artikel di atas, maka silahhkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY