Saat Anda menginstall sistem operasi Windows 10, kemudian membagi-bagi partisi, pasti akan nantinya akan muncul satu partisi baru secara otomatis (Partisi OEM). Partisi tersebut dibuat secara otomatis oleh Windows 10 dengan maksud dan tujuan, untuk system recovery. Partisi ini pun bisa Anda lihat cek pada saat Windows 10 sudah terinstall pada komputer Anda, pada menu Disk Management. Jika Anda melihat pada Disk Management tersebut ada partisi yang menuliskan keterangan Healthy (partisi OEM), dengan ukuran sampai beberapa GB, maka hal itu masih dalam tarag kewajaran atau normal.

Partisi tersebut hanya akan memunculkan menu Help saja, tanpa bisa diformat atau pun lainnya. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menghapus atau menggabungkan partisi OEM tersebut dengan partisi lainnya, maka Anda bisa membaca artikel ini sampai akhir.

Apa itu Partisi OEM

Partisi OEM pada sistem operasi Windows 10 ini disebut juga partisi untuk membackup sistem. Di mana fungsinya itu akan membantu Anda untuk melakukan recovery atau mengembalikan kondisi komputer seperti saat awal instalasi Windows, jika terjadi masalah pada sistem operasi Anda.

Cara menghapus atau menggabungkan partisi OEM di Windows 10

Kalau Anda ingin menggunakan Disk Management di Windows, maka tentunya cara tersebut tidak akan berfungsi sama sekali. Proses penggabungan atau penghapusan partisi OEM tersebut hanya bisa dilakukan dengan menggunakan tools yang bernama Diskpart, yang bisa diakses dengan perintah melaui Command Prompt (CMD).

Sebelum Anda mulai melakukan langkah-langkah di bawah, pastikan data-data penting di dalam komputer Anda sudah terbackup ke komputer atau penyimpanan eksternal, dan jangan dihubungkan ke komputer yang akan digabungkan paritis OEM-nya ini. Karena, jika Anda tidak berhati-hati dalam melakukan cara ini, maka partisi di komptuter Anda bisa saja terinstall secara keseluruhan.

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih pada menu Command Prompt (Admin).
  • Setelah halaman CMD muncul, silahkan Anda ketikkan perintah list disk, lalu tekan tombol Enter.
  • Langkah berikutnya adalah dengan memilih disk yang ingin Anda edit, misalnya saja itu adalah Z. Maka, Anda ketikkan perintah select disk z dan tekan Enter.
  • Setelah memilih disk z tersebut, Anda ketikkan lagi perintah list partition, untuk menampilkan daftar partisi di dalam hardisk tersebut.
  • Ketikkan lagi perintah select partition x untuk memilih partisi OEM yang ingin Anda hapus atau gabungkan. (X diisi dengan urutan angka dari partisi)
  • Setelah partisi terpilih, silahkan Anda ketikkan perintah delete partition override dan tekan Enter untuk menghapusnya.
  • Jika partisi sudah terhapus, sekarang ketikkan perintah extend untuk menggabungkan partisi OEM tersebut.

Jika Anda hanya ingin menggabungkan bagian dari partisi sebesar 5GB, maka Anda cukup mengetikkan perintah, extend size=5000.

Akhir kata

Itulah langkah-langkah menghapus dan meggabungkan partisi OEM di Windows 10. Kalau Anda masih kurang mengerti cara penggunaan Diskpart tersebut, maka Anda bisa menggunakan software disk management lainnya, speerti EaseUS dan lainnya.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY