Penggunaan dua monitor pada komputer saat ini memang sudah banyak dilakukan. Rata-rata komputer, baik itu PC atau pun laptop memang sudah mendukung pemasang dual monitor seperti ini. Biasanya, pengguna dual monitor ini kebanyakan oleh pekerja kantoran, monitoring saham (Currency), gamer dan lainnya. Konfigurasi dari dual monitor ini tentunya tetap harus menetapkan satu monitor utama. Di mana di monitor utama tersebut adalah bagian yang akan mengatur tampilan dari monitor tambahan (sekunder) yang terhubung.

Para gamer-gamer Youtube rata-rata menggunakan dual monitor. Di mana monitor utama digunakan untuk bermain game sambil live streaming, dan monitor yang keduanya itu digunakan untuk menampilkan hasil komentar atau chat dari para penontonnya.

Cara mengubah pengaturan Primary dan Secondary pada monitor di Windows 10

Kalau Anda memang ingin menggunakan dua monitor atau lebih pada komputer Windows 10, dan ingin menetapkan monitor primary dan secondary, maka artikel ini tentunya bisa membantu Anda dalam melakukan konfigurasi tersebut. Proses konfigurasi ini pun, tidak memerlukan instalasi software tambahan (pihak ketiga) untuk melakukannya. Ini karena, konfigurasi tersebut bisa dilakukan dengan mudah melalui pengaturan yang sudah menjadi bawaan dari sistem operasi Windows. Hebatnya lagi, pengaturan atau konfigurasi dual monitor di Windows 10 ini bisa memudahkan Anda untuk menggonta-ganti wallpaper dari masing-masing monitor tersebut, dan juga resolusi yang ingin Anda gunakan.

Penggunaan dua monitor atau lebih ini memang bisa sangatlah membantu dalam meningkatkan produktivitas dari para penggunanya. Untuk langkah-langkah konfigurasi dari dual monitor di Windows 10 ini, bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini:

  • Untuk langkah pertama, silahkan Anda tekan tombol Windows + i, untuk membuka halaman Settings. Atau Anda bisa mengklik Start Menu, dan klik pada menu Settings.
  • Setelah berada di dalam halaman Settings tersebut, silahkan Anda lanjut dengan mengklik pada menu System, lalu menuju ke tab Display.
  • Di bagian panel kanan tab Display tersebut, Anda akan melihat tab Multiple Display.
  • Dari tab tersebut, terdapat menu drop-down, dan pastikan pada menu tersebut sudah terpilih pda opsi Extend these display.
  • Jika sudah, langkah terakhir yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan memberikan tanda centang pada opsi yang di bawahnya yang bertuliskan Make this my main display.
  • Monitor yang sedang Anda gunakan untuk pengaturan ini pun akan menjadi monitor Primary (Utama), dan monitor kedua atau lainnya yang terhubung akan otomatis menjadi monitor Secondary.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meng-konfigurasi pengaturan pada penggunaan dua monitor atau lebih di sistem operasi Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah ya!

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY