Saat ini media penyimpanan untuk komputer sudah semakin banyak jenisnya. Salah satu yang paling terbaru adalah SSD. SSD ini sendiri merupakan media penyimpanan yang diklaim memiliki kecepatan read dan write yang jauh lebih cepat dibandingka dengan Hardisk (HDD). Pasalnya, pada SSD tidak terdapat peralatan mekanik untuk mengolah media penyimpanan tersebut. Sehingga, proses pun akan jauh lebih cepat dan tentunya data akan lebih aman walaupun terjadi guncangan.

Sedangkan pada HDD, untuk melakukan read dan write data, maka semua perangkat mekanik di dalamnya harus bergerak. Kalau salah satu dari peralatan mekanik tersebut mengalami masalah, entah karena terbentur atau terjatuh, maka hardisk akan mengalami kerusakan yang parah. Akibatnya data-data di dalamnya akan sulit untuk diambil kembali. Namun, pada hardisk sendiri, proses perbaikannya itu akan jauh lebih mudah dibandingkan SSD. Cukup dengan mengganti peralatan mekanik yang rusak tersebut, maka permasalahan bisa teratasi dan data pun masih bisa terselamatkan, selama piringan di dalamnya tidak mengalami kerusakan.

Berbeda dengan SSD untuk proses perbaikannya sendiri tentu akan cukup sulit. Karena, semua data tersimpan pada chipset yang sewaktu-waktu bisa mengalami kerusakan, dan proses pengembalian data di dalamnya pun akan cukup sulit.

Pada artikel ini, Saya tidak akan berbicara panjang lebar mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media penyimpanan tersebut. Tapi, di sini Saya hanya akan membagikan mengenai cara mengetahui jenis media penyimpanan yang Anda gunakan pada komputer Anda, apakah itu SSD atau HDD. Karena, para pengguna komputer baik itu PC atua pun Laptop terkadang tidak tahu isi dari hardware yang mereka gunakan. Apalagi, kalau proses pemilihan dan perakitan hardware tersebut hanya diberikan kepada tim teknisi atau teman.

Cara mengetahui jenis penyimpanan yang digunakan (HDD atau SSD) di laptop

Untuk mengetahui jenis media penyimpanan seperti ini, biasanya kita membongkar dulu casing dari PC atau pun laptop. Tapi, untuk cara yang akan Saya bagikan di sini, Anda tidak perlu melakukan cara ribet seperti itu. Karena, kita hanya akan menggunakan beberapa fitur dari sistem operasi Windows untuk melakukan pengecekan tersebut.

Di samping itu pula, Anda bisa mengetahui jenis media penyimpanan apa yang digunakan sebagai sistem operasi di komputer Anda. Untuk langkah-langkah singkatnya, silahkan Anda ikuti di bawah ini:

  • Buka Start menu Windows, dan ketikkan Defrag atau Optimize.
  • Jika ikon yang bertuliskan Defragment and Optimize drives sudah muncul, silahkan Anda klik pada ikon tersebut untuk membukanya.
  • Di dalam halaman Defragment and Optimize drives ini, Anda akan melihat daftar media penyimpanan dan juga partisi-partisi yang sudah Anda buat.

Anda pun bisa melihat pada kolom Media Type, jenis dari partisi tersebut, hardisk (HDD) atau Solid Starte Driver (SSD).

Akhir kata

Nah, itulah cara untuk mengetahui jenis media penyimpanan yang digunakan pada PC atau laptop Anda dengan mudah dan cepat.

Semoga bisa cukup membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY