Beberapa dari Anda mungkin tidak pernah menyadari kalau ternyata update-update yang diberikan oleh Microsoft kepada sistem operasi Windows 10 ini ternyata, untuk mengoptimalkan penggunaan baterai pada laptop. Sehingga, Anda pun bisa lebih lama menggunakan laptop saat berada di luar ruangan atau saat menggunakan baterai. Karena, baterai pada laptop memang memiliki daya tahan yang berbeda-beda. Di samping itu pula, penggunaan aplikasi juga bisa menguras cukup banyak daya dari baterai, seperti game, desain grafis, atau mungkin editing video.

Pihak vendor laptop sendiri sebenarnya sudah memberikan informasi mengenai daya tahan laptop saat pemakaian dan juga saat idle. Akan tetapi, itu semua tergantung dari penggunaan para user (pengguna) tentunya. Pada sistem operasi Windows 10 pun telah dilengkapi dengan indikator level atau kapasitas dari baterai yang tersisa. Akan tetapi, fitur tersebut terkadang mengalami masalah, sehingga tidak bisa mendeteksi dengan baik kapasitas sebenarnya dari baterai saat ini.

Cara mengecek kapasitas baterai laptop melalui CMD

Kalau ternyata fitur pengecekan baterai pada laptop Anda yang ada di tray icon sedang error atau tidak berfungsi, maka Anda bisa menggunakan cara lain untuk mengeceknya. Cara alternatif ini pun bisa dikatakan cukup tepat dalam mengecek kapasitas baterai. Di mana kita hanya akan menggunakan sebaris perintah pada halaman Command Prompt (CMD) atau bisa juga melalui PowerShell.

Jika Anda ingin mencoba caranya, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan menekan tombol Win + X pada keyboard.
  • Setelah muncul beberapa pilihan menu, silahkan Anda klik pada menu Command Prompt (Admin).
  • Nah, di dalam halaman CMD inilah, silahkan Anda ketikkan perintah WMIC PATH Win32_Battery Get EstimatedChargeRemaining.
  • Jika perintahnya sudah sesuai, silahkan Anda tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah tersebut.
  • Setelah proses selesai, maka hasilnya itu akan menampilkan informasi seperti berikut:

EstimatedCharge

Remaining <total baterai tersisa (%)>

  • Dari informasi yang muncul di atas, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk melihat sisa dari kapasitas baterai yang Anda bisa gunakan.

Untuk Anda yang menggunakan PowerShell, maka Anda bisa menggunakan perintah yang sama juga, dengan hasil output atau informasi yang sama pula.

Permasalahan pada ikon yang menampilkan informasi baterai pada tray icon Windows 10 yang error ini bisa Anda selesaikan dengan menggunakan fitur Power Plan Troubleshooter. Atau Anda bisa mengupdate driver dari baterai Anda tersebut.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan untuk mengecek baterai laptop pada Command Prompt (CMD) di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY