Warna pada layar monitor, baik itu PC atau pun laptop memang sangat berpengaruh terhadap hal yang Anda kerjakan. Hal yang menentukan akurasi warna pada monitor itu pun tentunya adalah kualitas pada monitor itu sendiri. Bagi Anda para pekerja seni grafis, seperti fotografer, desain grafis dan juga editor video, maka akurasi warna ini pastinya sangatlah penting untuk perhatikan.

Para profesional pun banyak menggunakan hardware tambahan untuk bisa melakukan kalibrasi tersebut, seperti Spyder Pro Datacolor. Hanya saja harga dari perangkat Spyder ini terbilang cukup mahal untuk bisa terbeli. Maka dari itu, Anda bisa melakukan pengaturan sendiri pada komputer Anda, tanpa harus menggunakan perangkat tambahan lagi.

Cara mengatur warna pada perangkat komputer Intel HD Graphics

Sistem operasi Windows sendiri sudah memiliki pengaturan untuk bisa melakukan kalibrasi pada warna untuk bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya. Hanya saja, untuk perangkat monitor laptop, biasanya pengaturan kontrasnya itu tidak terlalu bagus.

Maka dari itu, solusi terbaik untuk bisa melakukan pengaturan tersebut pada pengguna Intel HD Graphics adalah dengan mengikut langkah-langkah berikut ini.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah menuju ke halaman desktop komputer (laptop atau PC) Anda. Lalu klik kanan pada desktop, dan pilih pada menu Graphic Properties.

  • Saat jendela Graphic Properties sudah terbuka, silahkan Anda pilih menu yang paling awal, yaitu

  • Di dalam halaman Display ini, silahkan Anda masuk lagi pada menu Color. Nah, di dalam halaman inilah Anda bisa melakukan pengaturan pencahayaan untuk masing-masing warna yang ada, mulai dari pengaturan Brightness, Contrast, dan juga Gamma. Pengaturan pada saturasi serta hue pun bisa Anda dapatkan pada menu Advance.

  • Jika pengaturan sudah selesai Anda lakukan dan sesuai, maka silahkan Anda klik pada tombol Apply kemudian Save Profile.
  • Untuk menerapkan pengaturan yang sesuai, maka Anda bisa memilih profil warna tersebut melalui opsi dengan mengklik kanan pada Desktop > Graphics Option > Profiles > silahkan Anda pilih nama profil sesuai dengan pengaturan yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

Penutup

Nah, itulah beberapa langkah untuk bisa melakukan pengaturan warna pada PC atau laptop Anda yang menggunakan Intel HD Graphics. Untuk Anda yang menggunakan GPU tambahan, tentunya akan berbeda pengaturannya dengan grafis bawaan dari prosesor Intel.

Selamat mencoba!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY