Secara default, sistem operasi Windows sudah mengatur waktu sleep pada komputer dalam beberapa menit jika komputer tidak sedang digunakan (Idle). Saat komputer dalam mode sleep, maka semua hardware yang ada di dalam komputer akan berhenti bekerja, tapi data-data atau program yang sedang terbuka saat sleep tersebut tentunya tetap aman, dan nantinya masih bisa Anda akses saat komputer kembali dinyalakan.

Fitur atau mode sleep yang ada pada sistem operasi Windows ini ditujukan untuk menghemat energi (Baterai) untuk pengguna laptop dan listrik untuk pengguna PC (Desktop). Kalau Anda ingin mengubah pengaturan pada mode sleep Windows 10, maka Anda bisa mengikuti caranya pada artikel kali ini.

Bagaimana cara kerja mode sleep di Windows 10

Saat komputer dalam kondisi idle atau tidak sedang digunakan, maka perangkat pertama yang akan dimatikan adalah monitor. Setelah itu, perangkat yang ada di dalam komputer Anda pun tidak akan bekerja juga. Semua pekerjaan yang Anda lakukan atau sedang terbuka sebelumnya, akan disimpan di dalam RAM (memori). Walaupun, kipas pada komputer masih menyala, tapi itu tentunya tidak akan bekerja secara maksimal. Komputer akan kembali menyala jika Anda menyentuh atau menggerakkan mouse.

Cara mengubah pengaturan mode Sleep pada Windows 10

Untuk melakukan perubahan pengaturan pada mode sleep di Windows 10, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah singkatnya di bawah ini:

  • Tekan tombol Win + i pada keyboard untuk membuka halaman Settings. Setelah berada di dalam halaman Settings, silahkan Anda klik menu System > Power & sleep.
  • Di dalam halaman Power & Sleep, ini terdapat lagi dua menu, yaitu Screen dan Sleep.
  • Karena kita akan melakukan pengaturan pada mode sleep, maka silahkan Anda ganti waktu di menu Sleep tersebut. Anda bisa mengganti waktunya pada mode On battery power (tidak dicharge) dan juga When plugged in (saat dicharge).
  • Kalau Anda pengguna laptop, maka yang sebaiknya Anda hanya melakukan pengaturan pada saat laptop tidak dicharge (On battery power). Untuk lebih menghemat bateri pada laptop, maka pilihlah waktu yang lebih singkat saja, antara 1 sampai 5 menit.
  • Pengaturan yang sama bisa Anda terapkan pada menu Screen juga.

Pengaturan tambahan

Pada bagian bawah pengaturan Screen & Sleep tersebut, terdapat pengaturan tambahan lagi (Additional power settings). Pengaturan ini bisa dikatakan juga sebagai pengaturan tingkat lanjut yang nantinya akan lebih mudah untuk diterapkan pada komputer Anda. Tapi, pengaturannya sendiri sedikit lebih rumit.

Akhir kata

Itulah cara untuk mengubah pengaturan mode sleep pada sistem operasi Windows 10. Pengaturan mode sleep ini sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda pada sistem operasi Windows sebelumnya. Jadi, kalau Anda memang sudah terbiasa mengutak-atik menu ini, maka Anda sendiri pasti akan lebih mudah untuk melakukannya pada sistem operasi Windows 10.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY