Sistem operasi Windows 10 memang diklaim memiliki sistem keamanan yang lebih baik dari sistem operasi Windows versi sebelumnya. Ini karena akun Anda langsung terhubung dengan Microsoft. Hanya saja beberapa penggun sempat mengalami masalah saat memasukkan password untuk login, padahal password yang dimasukkan sudah benar. Namun, Windows 10 menganggap password tersebut salah.

Kalau Anda termasuk sebagai salah satu pengguna Windows 10 yang mengalami masalah serupa, maka artikel kali ini bisa membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut.

Cara memperbaiki masalah tidak dapat login ke Windows 10

Permasalahan password login ke komputer memang banyak dialami oleh para pengguna. Kalau Saya pribadi, memang tidak menggunakan password untuk login ke komputer, karena memang tidak ada data penting di dalam komputer Saya. Namun, bagi Anda yang memang memiliki banyak data penting, tentunya keamanan pada komputer melalui penggunaan password login memang penting untuk dilakukan.

Tidak dapat login ke Windows 10, walaupun Anda yakin password yang dimasukkan sudah benar itu bisa disebabkan oleh keyboard Anda. Untuk membantu mengatasinya, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Coba lihat password

Di kolom pengisian password terdapat ikon mata, di mana fungsinya itu untuk melihat password yang Anda masukkan. Coba Anda klik ikon tersebut untuk mencocokkan password yang Anda ketik.

2. Cek layout keyboard

Kalau Anda menggunakan keyboard yang tidak memiliki Numlock seperti keyboard laptop pada umumnya, maka tombol-tombol Numlock (Angka) akan aktif pada huruf-huruf di keyboard. Atau kemungkinan Anda pernah mengubah layout keyboard dengan menggunakan bahasa lain. Secara umum, layout keyboard standar dari Windows 10 itu adalah ENG, jadi Anda bisa mengecek layout tersebut melalui cara berikut:

  • Tekan tulisan ENG yang ada di kanan bawah layar login Anda.
  • Kemudian, silahkan Anda pilih layout keyboard yang sesuai.

Untuk menghindari masalah seperti ini terjadi kembali, Anda bisa menghapus layout keyboard lain, dengan cara, buka halaman Settings > Time & languange. Klik pada Region & Language, lalu pada panel sebelah kanan, Anda bisa melihat daftar layout yang bisa Anda hapus.

3. Coba gunakan On screen Keyboard

  • Klik pada ikon Ease of Access yang sudut kanan bawah, antara ikon WiFi dan Shutdown.
  • Kemudian, Anda pilih On Screen Keyboard untuk membuka keyboard virtual.
  • Selanjut, silahkan Anda klik saja setiap huruf atau angka yang ada di keyboard virtual tersebut, sesuai dengan password Anda.

4. Reset password melalui akun Microsoft Live

  • Silahkan Anda buka link account.live.com/ResetPassword.aspx, melalui komputer lain atau smartphone.
  • Ikuti setiap petunjuk yang ada untuk me-reset atau mengganti password Anda.
  • Kemudian, silahkan Anda login kembali ke komputer Anda dengan password baru tersebut.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tidak dapat login ke komputer Windows 10, karena salah password. Kalau Anda ada tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY