Salah satu hasil kerja rekayasa dari virus yang masuk ke dalam komputer adalah mematikan semua aplikasi atau program yang memungkinkan untuk para user mematikan virus tersebut. Dan, salah satu program tersebut merupakan bawaan dari sistem operasi sendiri yang bernama Task Manager. Task manager memang memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah sistem operasi. Dengan adanya task manager ini para user akan dengan mudah melihat aplikasi apa saja yang berjalan pada komputer, dan juga mempermudah untuk mematikan program-program tersebut.

Apa yang dilakukan jika task manager tidak aktif (tidak bisa terbuka)?

Sebuah virus komputer yang tergolong masih dalam level rendah, pasti akan sulit untuk berbaur dengan sistem yang ada di dalam komputer, karena akan terdeteksi pada task manager. Maka dari itu, para pembuat virus ini biasanya pertama kali akan mematikan fungsi task manager  agar tidak  bisa terbuka oleh user. Nah, jika hal tersebut terjadi pada komputer atau laptop Anda maka yang harus Anda lakukan adalah dengan mengikut langkah-langkah di bawah ini :

– Silahkan Anda membuka menu Control Panel pada komputer Anda. Dan di dalam Control Panel tersebut ketikkan  pada kolom pencarian “POL” (tanpa tanda petik).

– Akan muncul beberapa menu, Anda cukup memilih menu yang berada di bagian bawah dari Administrative Tools yaitu Edit Group Policy. Untuk pengguna  Windows 7 Anda bisa membuka menu RUN dan ketikkan “gpedit.msc” lalu tekan enter.

– Setelah Anda mengklik menu tersebut maka akan muncul jendela baru yang bernama Local Group Policy Editor. Silahkan Anda klik pada folder klik User Configuration > Administration Templates > System.

– Di dalam folder atau menu System ini Anda masuk lagi pada folder yang bertuliskan “ CTRL + ALT + DEL Option ”. Klik pada opsi” Remove Task Manager ”. Nah, saat terbuka jendela pop up baru Anda akan melihat beberapa opsi “Not Configured, Enable, Disable”. Jika pada opsi tersebut terpilih  Enable, maka silahkan Anda ubah menjadi Not Configured atau  Disable.Cara Mengatasi Task Manager Yang Tidak Bisa Dibuka 1 oleh tekno segiempat

– Setelah itu Anda klik tombom  Applu, dan tutup  jendela Group Policy Editor tersebut lalu restart komputer Anda.

Untuk cara kedua Anda bisa menggunakan Registry Editor (Regedit). Dengan masuk pada setiap menu-menu di bawah ini

HKEY_CURRENT_USER > SOFTWARE > MICROSOFT > WINDOWS > CURRENT VERSION > POLICIES > SYSTEM

HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > MICROSOFT > WINDOWS  > CURRENT VERSION > POLICIES  > SYSTEM

HKEY_USER > .default > SOFTWARE > MICROSOFT > WINDOWS > CURRENT VERSION > POLICIES > SYSTEM

Jika, Anda menemukan tulisan atau key yang bertuliskan “DisableTaskMgr” maka silahkan Anda langsung hapus key tersebut. Setelah itu, Anda restart komputer Anda dan lihat hasilnya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY