Orange Screen of Death merupakan salah satu tampilan error yang muncul pada sistem operasi Windows 10 saat ini. Tampilan error ini mungkin bisa dikatakan tidak umum, karena mayoritas dari kita mengenal Blue Screen of Death (BSOD). Munculnya tampilan error ini biasanya karena disebabkan oleh masalah GPU (VGA). Kalau memang pada komputer Windows 10 Anda mengalami masalah seperti ini, maka Anda bisa memperbaikinya dengan beberapa cara di bawah ini.

Cara mengatasi Windows 10 orange screen of death

Muncul tampilan error orang screen of death ini biasanya terjadi saat pengguna menonton video di Youtune, tidak dapat booting ke Windows dengan pesan error FAULTY_HARDWARE_CORRUPTED_PAGE atau WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR. Komputer yang dalam kondisi standby lalu wakeup pun biasanya menampilkan orang screen tersebut. Ada pun beberapa pengguna yang mengalami masalah ini saat menggunakan dual monitor.

Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Install ulang atau update driver GPU (VGA)

Karena beberapa alasan yang menyebabkan terjadi masalah ini adalah grafis, maka yang perlu untuk lakukan pertama kali adalah menginstall kembali atau mengupdate driver VGA komputer Anda. Kemungkinan ada kerusakan pada driver atau versi driver yang Anda gunakan saat ini sudah tidak kompatibel dengan update terbaru Windows 10. Pastikan Anda mendownload update driver tersebut dari situs resmi vendro VGA Anda atau menggunakan layanan Windows Update.

2. Matikan fitur overclock GPU

Kalau memang sebelumnya Anda meningkatkan performa dari VGA dengan cara overclock, maka sebaiknya Anda mengembalikannya ke kondisi default atau sedikit menurunkan overclock tersebut. Apalagi kalau Anda memang tidak menggunakan sistem pendingin yang baik dan juga daya power supply yang masih terbilang kurang.

3. Gunakan system restore

Kalau memang Anda tidak bisa masuk ke sistem operasi Windows lagi, maka Anda bisa masuk ke safe mode untuk melakukan system restore tersebut. Pastikan Anda memang sudah mengaktifkan system restore sesuai dengan kondisi komputer sebelum mengalami masalah seperti ini. Di samping itu pula, Anda sebaiknya melakukan backup data di My Documents atau pun di desktop kalau diperlukan.

4. Uninstall software yang baru diinstall

Kalau masalah ini ternyata terjadi setelah Anda menginstall software, maka Anda sebaiknya menghapus atau uninstall software tersebut. Pastikan Anda menggunakan software dengan lisensi resmi dari vendor atau software dari Micrsofot Store langsung.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah tampilan error orange screen of death pada Windwos 10. Kalau Anda memiliki cara lain yang berhasil, atau pertanyaan seputar artikel ini, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY